Gunung Soputan Erupsi, Radius Bahaya 4 Kilometer

  • Ahad, 16 Desember 2018 - 09:43:07 WIB | Di Baca : 1373 Kali

SeRiau - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Soputan mengimbau warga tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan, setelah gunung tersebut erupsi pada Minggu (16/12/2018) dinihari. Erupsi masih berlangsung hingga Minggu pagi.

Seperti dikutip dari Antara, PVMBG menyatakan radius bahaya 4 kilometer dari puncak dan dalam wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 6,5 kilometer. Kawasan ini merupakan daerah bukaan kawah agar terhindar ancaman lelehan lava dan awan panas guguran.

PVMBG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan.

Sungai-sungai itu di antaranya Sungai Ranowangko, Lawian, Popang dan Londola Kelewahu.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan," demikian PVMBG, seperti dikutip Antara, Minggu.

Gunung Soputan di Sulawesi Utara erupsi pada Minggu pukul 03.09 WITA dengan tinggi kolom abu teramati 3.000 meter di atas puncak.

Pantauan {VMBG, kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi 5 menit 51 detik.

Dari Pos PGA Soputan yang berjarak 10 kilometer di sebelah barat daya puncah, suara gemuruh masih terdengar. Seismograf juga mencatat tremor yang terus menerus sebagai indikasi bahwa erupsi masih berlangsung. Status Gunung Soputan berada pada level III (siaga). (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar