Presiden Jokowi Akan Terima Gelar Datuk Sri Setia Amanah Negara dari LAM Riau

  • Jumat, 14 Desember 2018 - 19:15:02 WIB | Di Baca : 1110 Kali

SeRiau - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan menerima gelar Datuk Sri Setia Amanah Negara yang merupakan gelar adat tertinggi dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Kota Pekanbaru, Sabtu (15/12).

"Besok (15/12) pagi akan dilaksanakan gelar adat penabalan gelar kehormatan adat kepada Yang Mulia Presiden Republik Indonesia, Tuan Ir Haji Joko Widodo," kata Ketua LAM Riau Syahril Abu Bakar di Pekanbaru, Jumat (14/12).

Dia mengatakan gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Negara bermakna pemimpin puncak yang bercahaya cemerlang, taat setia secara penuh dalam menunaikan amanah negara yang dibebankan kepadanya.

"Yang bak pohon besar melindungi dan mengayomi, yang bak padi dan kapas menyejahterakan," ujar dia.

Berdasarkan pantauan di Gedung LAM Riau, Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru, persiapan matang berupa geladi bersih hingga sistem pengamanan dari kepolisian dan TNI telah dilakukan.

Pimpinan panitia penyambutan dan penganugerahan gelar adat kepada Presiden, Datuk Marjohan mengatakan kedatangan Presiden akan disambut dengan silat sambut dan beras kunyit disertai iringan kompang sebagai tanda menghormati tamu.

Sesuai agenda, ia mengatakan Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan mengikuti serangkaian prosesi pemberian adat sekitar pukul 09.00 WIB.

Penyambutan kedatangan Presiden dilakukan di depan Balai Adat untuk kemudian menuju Balai Tenas Efendi. Tembang selawat dan tabuhan musik rebana akan mengiringi penyambutan itu.

Dia mengatakan penebalan gelar adat dari pembilang dilakukan dengan nuansa kental budaya Melayu. "Proses penebalaan diawali dengan pembacaan SK (Surat Keputusan) penganugeran gelar adat oleh Ketua LAM," tuturnya.

Nantinya, dalam prosesi penabalan dilakukan pembacaan warkah dan pemasangan tanjak. "Beliau akan menerima pemasangan tanjak dan selempang serta keris diiringi musik," ujarnya.

Selanjutnya Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menuju pentas dan duduk di singgasana bak pasangan pengantin dan ditepuk tepung tawar.

"Ada sembilan orang nanti dari kesultanan hingga tokoh adat yang akan menepuk tepung tawari Presiden Jokowi Datuk Seri Setia Amanah Negara. Kemudian pada akhir acara akan ditutup doa dan makan beradat," katanya.

Presiden Jokowi diagendakan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau pada 14-15 Desember 2018. Agenda pertama Presiden adalah menerima gelar adat tertinggi dari LAM Riau yang dilanjutkan dengan pembagian sertifikat tanah di Rumah Dinas Gubernur Riau.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan menghadiri pergelaran budaya tarian adat di GOR Remaja Kota Pekanbaru serta silaturahim dengan pimpinan pesantren Al-Kautsar. (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar