Kelanjutan Proyek Trans Papua Tunggu Lampu Hijau TNI-Polri

  • Rabu, 12 Desember 2018 - 16:17:42 WIB | Di Baca : 1015 Kali

SeRiau - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, menunggu rekomendasi keamanan dari TNI-Polri terkait kelanjutan pembangunan proyek Trans Papua. Saat ini proyek tersebut tengah dihentikan sementara terkait insiden ancaman dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

"Tinggal nunggu rekomendasi keamanan dari TNI-Polri saja. Kalau sudah ada jaminan keamanan tinggal jalankan," kata Menteri Basuki Hadimuljono saat menghadiri peresmian proyek SPAM di kantor PDAM, Semarang, Rabu (12/12).

Menteri Basuki menegaskan tidak ada rakyat Papua yang menolak pembangunan jalan Trans-Papua. Kalaupun ada yang menolak mengatasnamakan rakyat Papua, patut dicurigai ada sesuatu orang di belakangnya.

"Tidak ada yang menolak pembangunan ruas Trans-Papua. Yang jelas insiden keamanan itu salah satu kriteria pembangunan di Papua. Biasanya kriteria keamanan soal lahan, topografi, geologi dan cuaca," ujarnya.

Menteri Basuki menyatakan proyek Trans Papua memiliki panjang 3.500 kilometer yang terbentang dari Papua Barat hingga Papua. Ancaman keamanan proyek jalan Trans-Papua berada di ruas lima jalan antara Wamena, Kenyam, Habema, Nduga, dan Mamuju. "Semua sudah tersambung tinggal bikin 30 jembatan," kata Menteri Basuki. (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar