Januari 2019, Calon Mahasiswa Baru UIR Asal Kepulauan Riau Dapat Ikuti CBT di Batam dan Tanjungpinang

  • Rabu, 12 Desember 2018 - 15:00:21 WIB | Di Baca : 337 Kali

 

SeRiau - Kabar gembira bagi masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau. Mulai Januari 2019, putera dan puteri Anda yang ingin menjadi mahasiswa Universitas Islam Riau tak perlu repot-repot mengikuti ujian seleksi masuk dengan datang ke Kampus UIR di Pekanbaru. Akan tetapi dapat mengikuti test di Batam dan Tanjungpinang melalui sistem CBT (Computer Based Test). CBT merupakan jalur pintas yang disediakan Rektorat UIR bagi calon peserta di luar Pekanbaru.

Menjadi peserta CBT tak terlalu sulit. Anda cukup membeli PIN pendaftaran melalui formulir yang tersedia pada website UIR. Lalu mengikuti test pada hari-hari tertentu di Sekolah Menengah Atas di Batam dan Tanjungpinang yang telah bekerjasama dengan Universitas Islam Riau, yakni SMA Negeri 1 Batam dan SMA 2 Tanjungpinang. Kesepakatan kerjasama UIR dengan SMA 1 Batam dan SMA 2 Tanjungpinang telah diteken Wakil Rektor Bidang Akademik Dr H Syafhendry dengan Kepala SMA 1 Batam Muhammad Chaidir, SPd MPd dan SMA 2 Tanjungpinang di Batam, Senin (10/12).

Loading...

Penanda-tanganan ini disaksikan Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi, Ketua Umum YLPI Riau Dr Nurman, Wakil Rektor III Ir Rosyadi dan Majelis Guru Sekolah.

Selain bekerjasama pengembangan ilmu dalam memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, UIR dan SMA 1 serta SMA 2 Tanjungpinang sepakat pula menjalin hubungan saling menguntungkan dalam peningkatan sumbersaya manusia seperti seminar, workshop, nara sumber, group discussion dan bidang-bidang terkait lain dalam untuk peningkatan kinerja dan SDM dalam waktu lima tahun.

Wakil Rektor I Syafhendry menyebutkan, khusus realisasi kerjasama CBT sudah dapat dimulai pelaksanaannya Januari 2019. 

Calon pendaftar yang domisilinya di Batam, Tanjungpinang, Bintan, Singkep dan daerah-daerah lain tak perlu menunggu pelaksanaan test reguler di kampus UIR yang biasaya berlangsung bulan Juni. Mereka cukup mengikuti test komputer di labor komputer SMA 1 Batam dan SMA 2 Tanjugpinang.

''Kelebihan CBT system selain waktunya lebih cepat dari test reguler hasil test dapat diketahui langsung setelah test selesai. Calon pendaftar juga dapat test berkali-kali sesuai keinginan bila dinyatakan belum lulus atau belum diterima menjadi mahasiswa UIR. Kebijakan CBT kita ambil dalam rangka memberi kemudahan kepada masyarakat agar tidak terlalu banyak menghabiskan waktu dan biaya datang ke Pekanbaru,'' kata Syafhendry.

Disampaikan, rencana CBT juga akan diperluas ke Tanjungpinang dan kabupaten-kabupaten di Riau. Misalnya Dumai, Kuantan Singingi, Tembilahan, Bagan Siapi-api, Pasir Pengarayan dan sejumlah kabupaten di Sumatera Utara, Sumatera Barat yang animo masyarakatnya tinggi mengkuliahkan anak ke UIR. ''Semuanya sedang kita persiapkan. Mudah-mudahan rencana perluasan bisa terlaksana sebelum pelaksanaan test regular,'' ucap Syafhendry.

Selain dengan SMA 1 Batam dan SMA Tanjungpinang, Universitas Islam Riau juga menjalin kerjasama dengan Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA). Naskah Nota Kesepakatan keduanya diteken Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi dengan Rektor UNRIKA Edwin Agung Wibowo SE, MComm di Batam. MoU (Memory of Understanding) di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi itu mensepakati kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk jangka waktu tiga tahun. Kerjasama serupa juga dilakukan UIR dengan Dinas Pendidikan Kepulauan Riau.* rls




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar