TPU Semper Banjir Karena Lebih Rendah Dari Permukaan Laut

  • Selasa, 04 Desember 2018 - 23:59:01 WIB | Di Baca : 61 Kali

SeRiau - Kepala Seksi Pemakaman Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara Syafdarifal menyebut Taman Pemakaman Umum (TPU) Semper, Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara tergenang banjir. Banjir terjadi akibat permukaan tanah TPU lebih rendah dari permukaan laut.

"Salah satunya mungkin posisinya di bawah permukaan air laut. Jadi memang kondisi tanah kita itu di bawah saluran air kalau tidak salah," katanya seperti dilansir dari Antara, Selasa (4/12).

Dia mengungkapkan, belum lama ini pihaknya menemukan adanya saluran air yang masuk ke wilayah TPU Semper. Namun masih belum mengetahui asal sumber peningkatan volume banjir di wilayah pemakaman.

Loading...

Sementara itu, anggota Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara masih mencari tahu asal sumber air yang menggenangi lahan pemakaman. Di sisi lain, Syafdarifal menduga adanya air dari luar membuat air yang ada sulit untuk ditampung oleh saluran air yang ada di Jakarta Utara.

"Kalau untuk tampungan dia sendiri kan harusnya cepat menyerap air. Jika tidak ada air dari luar kan nggak secepat itu (terjadi) genangannya, apalagi kan ini hujannya terus menerus," ujarnya.

Total keseluruhan makam di TPU tersebut ada sebanyak 90 ribu. Dari jumlah itu, seperempatnya terdampak banjir.

Berdasarkan pantauan, makam di unit Islam merupakan kawasan paling parah terdampak banjir, terutama di Blok A II Blad 41-49 dan Blok AA II Blad 50-58, hanya nampak ujung nisannya saja. Ketinggian air pun bervariasi di setiap lokasi, sekitar 50 centimeter. (**H)


Sumber: Merdeka.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar