Jerman Menawarkan Uang Tunai bagi Pencari Suaka yang Bersedia Pulang

  • Kamis, 29 November 2018 - 22:42:03 WIB | Di Baca : 1110 Kali

SeRiau - Baru-baru ini penduduk Jerman dikejutkan dengan beredarnya poster yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Jerman. Poster tersebut berisi ajakan untuk pulang ke negara asal masing-masing bagi para pencari suaka di Jerman.

“Negaramu. Masa Depanmu. Sekarang!” bunyi poster tersebut yang ditulis dalam bahasa Jerman, Inggris, Arab, Prancis, dan Russia.

Tidak tanggung-tanggung, bagi mereka yang secara sukarela ingin pulang dan mendaftarkan dirinya sebelum 31 Desember 2018, Pemerintah Jerman akan memberikan bantuan uang untuk keperluan tempat tinggal selama satu tahun di negara asal masing-masing.

Bantuan tersebut bernilai sejumlah 1.200 Euro untuk satu orang atau mencapai 3.000 Euro untuk satu keluarga, yang dapat digunakan untuk biaya sewa, pembangunan, renovasi, dan pembuatan fasilitas dasar seperti dapur atau kamar mandi.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Jerman, poster tersebut merupakan bagian dari program pemerintah “Returning from Germany“ yang sudah berlangsung beberapa saat lamanya. Di tengah-tengah krisis pengungsi yang sedang terjadi, Pemerintah Jerman berharap dapat mendorong semakin banyak imigran kembali ke negaranya secara sukarela melalui program tersebut.

Sasaran dari Pemerintah Jerman adalah mereka yang aplikasi suakanya ditolak, mereka yang sudah mendapatkan izin tinggal, dan mereka yang aplikasi suakanya belum mendapatkan keputusan. Pada 2016 sendiri, lebih dari 54 ribu imigran memilih opsi ini untuk pulang ke negaranya masing-masing.

Namun angka tersebut terus menurun. Pada 2017 hanya 29 ribu orang yang pulang ke negaranya secara sukarela. Sementara sampai akhir Oktober tahun ini, baru terdapat 14 ribu orang saja yang sudah mendaftar pada program ini.

Poster tersebut mendapatkan dukungan dan kritikan dari berbagai pihak. Ada yang berpendapat program tersebut dapat membantu menyelesaikan masalah krisis imigran di Jerman. Sementara kritikan disampaikan terhadap penulisan di dalam poster tersebut menganggap seolah-olah Jerman menginginkan para imigran untuk keluar dari negaranya secepat mungkin.

Beberapa poster tampak mendapatkan aksi vandalisme dan ditimpa tulisan “Refugees Welcome“. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar