Harimau Sumatera Nongol di Jalan dan Kebun Warga di Aceh

  • Senin, 26 November 2018 - 20:16:28 WIB | Di Baca : 204 Kali

SeRiau - Dua harimau sumatera muncul di jalan dan kebun wilayah Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, dari pantawau menggunakan kamera trap yang dipasang dilokasi, dua ekor harimau tersebut muncul, jantan dewasa dan betina remaja.

"Dalam sebulan terekam 11 kali," ungkap Sapto Aji seperti dikutip laman Antara, Senin (26/11/2018) .

Loading...

Tim BKSDA Aceh bersama TNI, Polri dan warga sekitar sudah tiga hari ini melakukan penjagaan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, serta berupaya menghalau harimau sumatera itu agar kembali ke hutan.

Sapto mengatakan belum dapat dipastikan pasangan satwa dilindungi tersebut menetap atau tidak di lokasi pedalaman Aceh Selatan itu, pihaknya mengindikasikan keberadaan kedua satwa itu karena sedang dalam reproduksi.

"Ini indikasinya harimau betina sedang awal birahi, dibuntuti harimau jantan dewasa yang tertarik. Makanya kami upayakan penghalauan menggunakan petasan agar bisa kembali ke hutan," katanya lagi melalui pesan singkat (SMS).

Ia mengimbau masyarakat setempat untuk tidak beraktivitas sendirian di kawasan perkebunan titik lokasi yang disebutkan itu, kemudian juga tidak melepas ternak di kebun serta sudah harus kembali dari kebun pukul 16.00 WIB.

Hal tersebut perlu dilakukan sebagai upaya bersama menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang berakibat fatal bagi masyarakat setempat, kemudian untuk keberhasilan proses pengusiran kedua harimau sumatera itu dapat dilakukan bersama pihak terkait. (**H)

 
Sumber: Liputan6.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar