Dovizioso Menangi Balapan Ekstrem di MotoGP Valencia 2018

  • Ahad, 18 November 2018 - 21:45:01 WIB | Di Baca : 1060 Kali

 

SeRiau - Andrea Dovizioso menjadi pemenang dalam seri MotoGP Valencia 2018 atau balapan penutup MotoGP 2018 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (18/11).

Alex Rins yang menempati posisi start kedua langsung melesat sejak bendera start dikibarkan di Sirkuit Ricardo Tormo.

Sementara Maverick Vinales yang menghuni pole position tidak mampu menampilkan performa terbaik dan terus mengalami penurunan peringkat.

Balapan yang berlangsung di bawah guyuran hujan membuat beberapa pebalap terjatuh, diawali Aleix Espargaro pada tikungan tiga lap ketiga.

Rins terus memimpin dibuntuti Andrea Dovizioso yang setia membuntuti di peringkat kedua.

Marc Marquez yang mengalami masalah bahu dan start dari posisi kelima bersaing dengan Pol Espargaro. Marquez mampu menyalip Espargaro pada lap keempat dan menempati peringkat ketiga.

Pada lap ketujuh Pol Espargaro sempat terlihat keluar lintasan sementara Marquez terjatuh dan dipastikan tidak dapat melanjutkan balapan. Sebelumnya Danilo Petrucci juga kecelakaan di lap keenam.

Dengan jatuhnya Marquez, Rossi yang berhasil menyalip satu per satu pebalap dari posisi start ke-16 menempati peringkat ketiga, diikuti Vinales.

Memasuki lap kesembilan giliran Andrea Iannone yang terpaksa keluar dari balapan.

Sang pole sitter juga tidak mampu mengendalikan motor di lintasan yang basah. Vinales kehilangan kendali pada tikungan 13 lap ke-13.

Sementara banyak pebalap terjatuh, Rins, Dovizioso, dan Rossi terus bersaing ketat di posisi tiga besar dan menciptakan jarak yang jauh dengan pebalap-pebalap di belakangnya.

Pada lap ke-14 ketika tersisia 16 pebalap, Rins terlalu melebar di tikungan sehingga dimanfaatkan Dovizioso dan Rossi.

Pada lap ke-15 bendera merah dikibarkan dan balapan diputuskan dihentikan sementara, para rider pun menuju paddock.

Start ulang yang berdasar kepada posisi di lap ke-13 membuat Rins berada di pole positiondisusul Dovizioso dan Rossi.

Setelah start ulang dilakukan, tiga pebalap terdepan kembali mengulangi adu kebut di atas lintasan basah. Pada lap kedua dari 14 lap tersisa, Dovizioso berhasil mendahului Rins.

Rossi pun mengikuti jejak Dovizioso untuk membalap Rins ketika balapan menyisakan delapan lap lagi. Namun Rossi gagal mempertahankan posisinya karena terjatuh pada lap ke-23 atau lima lap menjelang finis.

Dovizioso tampil sebagai pemenang dalam balapan MotoGP Valencia 2018, disusul Alex Rins dan Pol Espargaro sebagai penghuni podium.

Dovizioso pun mengukuhkan diri sebagai pebalap peringkat kedua di klasemen musim ini dengan total nilai 245. 

 

 

 

Sumber CNN Indonesia
 





Berita Terkait

Tulis Komentar