Parpol Dilarang Pakai Logo KPU di Alat Peraga Kampanye

  • Kamis, 15 November 2018 - 21:12:36 WIB | Di Baca : 1334 Kali

SeRiau - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah mengingatkan seluruh partai politik (parpol) agar tidak menggunakan atau memasang logo, atribut, simbol atau gambar KPU pada seluruh alat peraga kampanye peserta Pemilu.

"Larangan itu sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 23 tahun 2018 pasal 280 ayat 1 UU Nomor 07 tahun 2017 tentang Pemilu," ujar Ketua KPU Poso Budian Maliki, seperti dikutip dari Antara, Kamis (15/11/2018).

Dia menegaskan, aturan itu sangat jelas dan ancaman pidananya. Sehingga Budiman berharap, para calon anggota legislatif (caleg) agar tidak melanggar aturan alat peraga kampanye.

"Pihak KPU akan kembali turun menjelaskan aturan tersebut kepada para peserta Pemilu agar tidak mengulangi pelanggaran yang sama," ucapnya.

Terkait lima partai yang melanggar aturan itu, Budiman tidak menyebutkannya, namun langkah awal KPU adalah memberikan teguran tertulis kepada partai bukan caleg.

Tetapi, kata dia, jika secara tertulis tidak juga diindahkan oleh partai itu, maka akan dilanjutkan ke tingkat berikutnya sesuai Peraturan KPU.

"Jadi setelah ada teguran tertulis, partai harus bergerak apakah ditutup logo KPU itu atau dihapus atau peserta Pemilu yang bersangkutan menurunkan atau mengganti baliho dimaksud, tergantung partai itu," jelas Budiman. (**H)


Sumber: Liputan6.com





Berita Terkait

Tulis Komentar