Eks Dirjen Otda Minta Mendagri Tolak Pengunduran Diri Bupati Indramayu

  • Kamis, 15 November 2018 - 18:13:58 WIB | Di Baca : 1105 Kali

 

SeRiau - Bupati Indramayu Anna Sophanah telah memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya karena urusan keluarga. Anna juga telah menyampaikan alasannya itu secara langsung kepada Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo pada Selasa (13/11) lalu.

Namun menurut mantan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Djohermansyah Djohan, alasan mundur Anna karena alasan keluarga itu merupakan wujud ketidakmatangan aktor politik lokal dalam memimpin daerah. 

"Ini kan ketidakmatangan aktor politik lokal. Dia sudah running itu kok tinggal gelanggang. Apa pun masalahnya, harus selesaikan masa jabatannya," kata Djohan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (15/11).

"Dia kan sudah sumpah janji, bahwa mengutamakan kepentingan negara, bangsa daripada kepentingan pribadi maupun keluarga, bayangkan dia mengkhianati itu semua," timpalnya.

Untuk itu, Djohan meminta Mendagri Tjahjo Kumolo untuk menolak pemberhentian Anna dengan tidak menerbitkan surat penetapan pemberhentian. Djohan khawatir apabila pengunduran diri Anna dikabulkan, nantinya akan menjadi preseden buruk bagi kepala daerah lain yang berpotensi mengikuti jejaknya. 

"Jadi imbauan saya, Mendagri tolak saja, DPRD juga tolak saja baiknya. Itu juga jadi pelajaran bagi politisi yang lain, kalau ini dikabulkan, itu saya khawatir jadi preseden buruk," tegas Presiden Institut Otonomi Daerah itu.

Djohan pun mengusulkan adanya revisi UU Pemda dengan mengatur kepala daerah dilarang mengundurkan diri dari jabatannya dalam waktu tertentu.

"Mungkin nanti ke depan kalau direvisi UU mungkin juga bagi kada yang sudah terpilih, dilarang untuk mundur dari jabatan dalam jangka waktu tertentu. Ya okelah kalau dia mundur karena kena masalah kesehatan atau lainnya, itu dikabulkan," terangnya.

Diketahui Anna mengundurkan diri dalam periode keduanya memimpin Indramayu. Dalam periode kedua yang belum genap 3 tahun, Anna mundur karena alasan keluarga di mana ibunya meninggal dan keadaan ayahnya yang sudah berusia lanjut.

 

 


Sumber kumparan





Berita Terkait

Tulis Komentar