Menpan RB Buka Kemungkinan Turunkan Standar Tes CPNS

  • Selasa, 13 November 2018 - 23:21:57 WIB | Di Baca : 81 Kali

SeRiau - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengatakan ada kemungkinan standar kelulusan tes CPNS 2018 diturunkan.

Hal ini menyusul tingkat kelulusan tahap seleksi kemampuan dasar (SKD) yang masih sangat rendah, berkisar di angka 10 persen.

"Kalau jalan terus dengan passing grade[nilai ambang batas] 298, kita bayangkan pasti ujung-ujungnya tidak memenuhi target, tidak lebih dari 20 persen yang lulus," ujar Syafruddin dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (13/11).

Loading...

Selain itu, ia juga menyebut ada opsi melakukan pemeringkatan dari hasil yang ada.

Syafruddin menjelaskan saat ini ada 2,8 juta peserta yang ikut tahap SKD. Peserta yang telah menyelesaikan tes ada sekitar 60 persen atau 1,7 juta orang.

Nantinya dibutuhkan sekitar 714 ribu orang yang lolos SKD dan melanjutkan ke tahap seleksi kemampuan bidang (SKB). Dalam seleksi tahun ini, dibutuhkan 238 ribu orang untuk mengisi posisi PNS, baik di pemerintah pusat maupun daerah.

Saat ini, kebijakan menanggapi rendahnya tingkat kelulusan masih digodok panitia seleksi nasional (Panselnas). Nantinya akan dirumuskan dalam Peraturan Menpan RB.

"Sebelum tanggal 17. Nanti Permenpan yang baru ini akan menopang Permenpan Nomor 36 dan 37 tahun 2017 yang sudah ada," ucap dia.

Syafruddin juga menambahkan penurunan nilai ambang batas itu bukan berarti ada penurunan kualitas CPNS.

Pemerintah, katanya, ingin mendapatkan SDM terbaik dengan passing grade tinggi. Namun di sisi lain, pemerintah juga butuh pasokan SDM untuk memenuhi kebutuhan saat ini.

"Pemerintah harus fleksibel memenuhi itu semua. Tim Panselnas sedang menyusun kembali ramuannya," ujar dia.

Sebelumnya, Kemenpan RB menyebut tingkat kelulusan pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di CPNS 2018 hanya di angka 10 persen saat data yang masuk sudah mencapai 60 persen. (**H)


Sumber: CNN Indonesia




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar