Kaifi: Pendidikan Keluarga Penting dalam Pembentukan Karakter Anak dan Budaya Prestasi

  • Selasa, 13 November 2018 - 19:55:55 WIB | Di Baca : 1843 Kali

 

SeRiau - Dinas Pendidikan Provinsi Riau melaksanakan Bimtek Peningkatan Kapasitas  Kelompok Kerja Pendidikan Keluarga. Kegiatan yang diikuti 29 peserta dari 6 kabupaten/kota di Riau ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau diwakili Kabid PKLK Disdik Riau, Kaifi Azmi, Selasa (13/11) sore di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru

Menurut Kaifi, pendidikan dalam mendidik anak, tidak sepenuhnya menjadi bertangung jawab satuan pendidikan, tapi juga menjadi bahagian pendidikan yang dilakukan keluarga. Pendidikan keluarga ini juga sangat penting dalam pembentukan karakter dan budaya prestasi peserta didik. 

Pelibatan satuan pendidikan, orangtua dalam pembentukan karakter anak ini harus terus dibangun dengan menjalin komunikasi antara satuan pendidikan dan orangtua." Jadi pendidikan keluarga di sataun pendidikan harus bisa menjadi penopang untuk pembentukan karakter anak. Komunikasi dua arah, baik keluarga, satuan pendidikan harus terus terjaga," kata Kaifi, Selasa (13/11) 

Kaifi juga mengatakan pendidikan keluarga yang baik atau pun buruk, sedikit banyak akan berdampakan kepada perkembangan karakter anak. Pendidikan tidak hanya berada ditangan satuan pendidikan tapi juga ditangan keluarga. Oleh karena itu, perlu ada batasan atau limpahan yang menjadi tangungjawab sekolah dan keluarga.

" Dengan kegiatan ini perlunya komitmen untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan dalam menjalin dan memperkuat kemitraan antara satuan pendidikan dan keluarga. Disdik juga mengajak para pemangku kepentingan dan satuan pendidikan untuk membuka jejaring kerjasama dengan orangtua dan masyarakat," kata Kaifi.

Semetara itu ketua panitia kegiatan Ok Soni Atmajaya mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga tentang pelibatan keluarga dalam penyelenggara pendidikan. Selain itu,  meningatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga untuk mendorong satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan. 

Meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga untuk memberi pendampingan dan pengawasan kepada satuan pendidikan terhadap implementasi pelibatan keluarga dalam penyelengaraan pendidikan.

" Diharapkan pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan, kemudian mendorong satuan dalam mengimplementasikan secara berkesinambungan," kata Soni

Soni menambahkan kegiatan  Bimtek Peningkatan Kapasitas  Kelompok Kerja Pendidikan Keluarga ini diikuti 6 kabupaten/kota yakni Pekanbaru, Kampar, Siak, Kuansing, Bengkalis dan Inhil (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar