Perbanyak Latihan Hingga Buat Grup WA, Ini Cara SMPN 29 Tingkatkan Hasil UNBK

  • Senin, 12 November 2018 - 20:47:51 WIB | Di Baca : 2602 Kali

 

SeRiau - Berbagai cara dilakukan sekolah dalam meningkatkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Salah satu strategis dilakukan oleh SMPN 29 Pekanbaru dengan memperbanyak latihan menjawab soal UN hingga membuat grup WA UNBK  kelas IX.

Kepala SMPN 29 Pekanbaru Abdul Gani mengatakan meskipun UNBK masih ada waktu lima bulan lagi, namun persiapan siswa terus dilakukan dengan cara menambah jam belajar siswa kelas IX. Tambahan jam belajar siswa yang dimulai senin hingga kamis ini bertujuan untuk membahas, mengupas soal ujian nasional tahun sebelumnya. 

" Ini kita lakukan agar siswa terbiasa menjawab soal ujian. Jika ada nanti soal UNBK yang sama persis, siswa bisa menjawabnya," kata Abdul Gani, Senin (12/11) di Pekanbaru

Selain tambahan jam belajar, kata Gani, strategis lainnya, siswa juga dilatih dengan berbagai tryout baik yang diadakan oleh sekolah maupun MKKS SMP. Tryout di SMPN 29 ini biasanya dilakukan sebanyak 3 kali." Desember nanti kita akan lakukan try out. Sedangkan simulasi UNBK juga akan dilakukan desember atau januari. UNBK kita ini sudah tahun ketiga," kata Gani.

Tidak hanya memberi latihan soal UN, kata Gani, sekolah juga membuat grup WA yang beranggotakan seluruh siswa kelas IX. Grup WA ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam pembahasan, berkonsultasi soal mata pelajaran terutama materi yang di UNBK kan. Grup WA, selain  anggotanya siswa juga ada guru mata pelajaran UN dan walikelas IX. Gani mengatakan grup WA bisa digunakan untuk berdiskusi sesama siswa dan guru soal mata pelajaran. Hanya saja, grup WA ini dibatasi komunikasi melalui WA yang dimulai setelah jam pelajaran di sekolah selesai sampai jam 9 malam
 
Mengenai tempat pelaksana UNBK, pihaknya sudah menjajaki dengan SMKN 5 Pekanbaru sebagai tempat ujian. Sebab, UNBK yang tahun ketiga bagi SMPN 29,  sarana dan prasarana seperti komputer, saat ini sekolah belum memadai untuk melaksnakan UNBK dengan jumlah peserta 210 siswa."Tahun ke-3 UNBK kita masih menumpang di SMKN 5 Pekanbaru. Persiapan dan sosialisasi kepada siswa dan orangtua sudah kita beri tahu. " katanya (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar