Sri Hartati Raih Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Berat 2018

  • Selasa, 06 November 2018 - 23:11:17 WIB | Di Baca : 1191 Kali

SeRiau - Lifter putri Indonesia Sri Hartati sukses meraih emas pada Kejuaraan Dunia Angkat Berat 2018 yang digelar di Swedia, Selasa (6/11).

Hartati yang turun di kelas 57 kg meraih medali emas di jenis angkatan squat dengan total angkatan 225kg sekaligus memecahkan rekor dunia.

"Berita gembira dari Kejuaraan Dunia Angkat Berat di Swedia. Sri Hartati berhasil merebut gelar juara dunia. Alhamdulillah," kata Wakil Ketua Umum PB PABBSI Joko Purnomo, via WhatsApp.

Bagi Sri Hartati, ini menjadi gelar juara dunia keempatnya setelah sukses meraih prestasi terbaik di Norwegia 2013, Luksemburg 2015, dan di Polandia 2016.

Pada Kejuaraan Dunia Angkat Berat 2016, Sri Hartati yang turun di kelas 57 kg meraih dua medali emas di jenis angkatan bench press dan total angkatan.

Sebelum terjun di angkat berat pada tahun 1995, Sri lebih dulu berkecimpung di angkat besi kelas 42 dan 44 kg. Ia termasuk atlet berprestasi di tingkat nasional remaja, namun ia gagal melanjutkan kariernya di angkat besi karena cedera.

Sri Hartati mengalami cedera pergelangan tangan kanan sehingga tulangnya bergeser dan tak mampu lagi mengangkat barbel besi yang beratnya puluhan kilo tersebut.

Oleh karena itu Hartati turun di angkat berat (powerlifting) yang metodenya berbeda dengan angkat besi (weightlifting). Meski sama-sama harus mengangkat barbel, namun angkat berat melibatkan beberapa alat bantu sementara di angkat besi lifter mengangkat barbel dari lantai.

Pada angkat berat lifternya melakukan squat, bench press, dan deadlift sementara di angkat besi ada istilah snatch dan clean and jerk. Angkat besi terbilang lebih populer karena rutin dimainkan di Olimpiade sementara angkat berat tidak. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar