Hasil Tes DNA Penumpang Lion Air JT-610 Diumumkan Besok

  • Sabtu, 03 November 2018 - 22:10:18 WIB | Di Baca : 1122 Kali


SeRiau - Tim Disaster Victim Investigation (DVI) memastikan hasil identifikasi melalui uji asam deoksiribonukleat atau DNA penumpang pesawat Lion Air JT610 akan keluar Minggu (4/11). Hari ini, tim DVI di laboratorium DNA masih melakukan pemeriksaan tahap akhir.

"Sabtu malam bisa diharapkan selesai pemeriksaannya. Minggu paginya atau Minggu siang besok kita bisa umumkan hasilnya," ujar Kepala Laboratorium DNA Mabes Polri Kombes Pol Putut Tjahjo Widodo di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta, Sabtu (3/11).

Sebelumnya, tim DVI mengatakan butuh waktu sekitar 4-8 hari untuk mendapatkan hasil dari uji DNA. Rentang waktu itu berlangsung sejak sampel sel dibawa ke laboratorium untuk diteliti. Ini artinya bisa dipastikan tak akan ada identifikasi penumpang dengan metode uji DNA.

"Besok baru proses rekonsiliasinya," imbuh Putut.

Hingga hari ini ada 73 kantong jenazah yang sudah diboyong ke RS Polri. Dari jumlah itu, tim DVI telah mengambil 306 sampel data postmortem. 

Sebanyak 24 kantong jenazah pertama yang tiba di rumah sakit pada Senin (29/10) malam menjadi gelombang sampel pertama yang dibawa oleh tim DVI ke laboratorium DNA. Gelombang pertama inilah yang hasil uji tes DNA-nya akan diumumkan besok. 

DNA merupakan satu dari tiga sumber informasi primer dalam proses identifikasi di samping sidik jari dan geligi. Di samping itu, ada informasi sekunder dalam proses identifikasi yakni via properti dan rekam medis.

Proses uji DNA diperkirakan memakan waktu 4-8 hari. Metode ini menjadi tumpuan tim DVI dalam mengidentifikasi jasad penumpang Lion Air JT610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, pada Senin (29/10) lalu karena akurasinya hampir 100 persen.

Sebelumnya tim DVI sukses mengenali identitas empat penumpang pesawat nahas tersebut. Mereka semua adalah Jannatun Cintya Dewi, Hizkia Jorry Saroinsong, Candra Kirana, dan Monni. Namun keempat penumpang itu berhasil diidentifikasi tidak melalui uji DNA.

 

 

 

 

Sumber CNN Indonesia
 





Berita Terkait

Tulis Komentar