Safari ke Pesantren, Prabowo Ingin Silaturahmi Bukan Cari Dukungan

  • Selasa, 30 Oktober 2018 - 23:55:00 WIB | Di Baca : 1100 Kali

SeRiau - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akhir-akhir ini rajin mengunjungi pondok pesantren (Ponpes). Seperti yang dilakukan hari ini, pasangan Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019 itu bersilaturahmi ke Ponpes Darul Quran Salafiah di Kecamatan Karangnongko, Klaten dan Ponpes Ta'mirul Islam di Laweyan Solo.

Namun mantan Danjen Kopassus itu membantah jika kunjungannya dikaitkan untuk mencari dukungan dari kalangan santri dan ulama. Kedatangannya ke pesantren diakuinya untuk bersilaturahmi dan sudah menjadi bagian tradisi masyarakat di Indonesia.

"Kedatangan saya ke Ponpes Darul Quran Salafiah untuk bersilaturahmi. Silaturahmi sudah menjadi bagian tradisi masyarakat di Indonesia. Kita harus sowan, kita harus kulonuwun," ujar Prabowo.

Prabowo mengaku telah datang ke kabupaten-kabupaten, daerah-daerah di seluruh Jawa. Begitu sampai di suatu daerah, dia berniat dan beriktikad untuk sowan, menengok dan minta restu, doa dari tokoh-tokoh yang dihormati oleh rakyat, yaitu para ulama.

"Kedatangan saya bukan untuk mencari dukungan pada Pilpres 2019. Pesantren bukan tempat untuk dijadikan sebagai politik praktis. Pesantren itu tempatnya harus di atas politik praktis. Kiai, ulama milik semua, milik seluruh rakyat," tukasnya.

Prabowo mengaku kedekatannya dengan para ulama merupakan hak pribadinya sebagai warga negara. Kedekatan dengan para ulama dan kiai tersebut, kata dia, sudah terjalin saat menjadi prajurit.

"Tentara itu ya harus dekat sama ulama, dekat sama kiai. Karena tentara itu tanda tangan sudah siap menghadap maut, berangkat tugas siap untuk mati demi negara, bangsa dan rakyat. Kalau anak muda sudah siap mati, ya harus cari kiai, minta didoakan," ucapnya.

Prabowo tiba di Ponpes Darul Quran Salalah Klaten didampingi mantan Gubernur Jateng Bibit Waluyo dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Rombongan disambut Ketua Yayasan Ponpes Darul Quran Salafiah, para ulama, tokoh masyarakat, warga sekitar pondok dan para santri.

"Kedatangan Pak Prabowo ke sini untuk bersilaturahmi dan memohon doa restu dalam Pilpres 2019. Kita doakan agar beliau diberikan kebaikan, kekuatan, kesehatan dan dimudahkan segala urusannya. Jika terpilih menjadi presiden semoga menjadi pemimpin yang amanah," pungkas Ketua Yayasan Ponpes Darul Quran Salafiah Sahri. (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar