Perang Dagang, Trump Optimis Capai Kesepakatan dengan China

  • Selasa, 30 Oktober 2018 - 23:48:21 WIB | Di Baca : 1245 Kali

SeRiau - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trumpoptimis mampu mencapai kesepakatan dengan China dalam perdagangan. Namun, ia mengancam bakal mengenakan tarif baru pada produk China senilai US$257 miliar jika kesepakatan tak tercapai.

"Saya pikir kami akan membuat banyak hal dengan China dan itu harus menjadi hebat, karena mereka telah menguras negara kami," kata Trump, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (30/10).

Trump mengatakan dalam wawancara dengan Fox News bahwa ia sebenarnya ingin membuat kesepakatan sekarang, tetapi China belum siap. Trump tak merinci lebih jauh terkait hal tersebut.

Amerika Serikat telah memberlakukan tarif atas barang-barang China senilai US$ 250 miliar dan China telah menanggapi pembalasan atas barang-barang AS senilai US$110 miliar.

"Dan saya memiliki US$ 267 miliar yang menunggu untuk dieksekusi jika kami tidak dapat membuat kesepakatan," kata Trump.

Trump telah lama mengancam untuk mengenakan tarif pada semua impor Cina yang tersisa ke Amerika Serikat jika Beijing gagal memenuhi tuntutan AS untuk perubahan besar-besaran terhadap perdagangan Cina, transfer teknologi, dan kebijakan subsidi industri.

Baik Trump dan Xi diperkirakan akan menghadiri pertemuan G20 bulan depan di Buenos Aires, di mana mereka bisa bertemu.

Sementara, Juru bicara Departemen Luar Negeri Cina Lu Kang mengatakan China dan Amerika Serikat telah berkomunikasi tentang kerja sama di semua tingkat, termasuk kemungkinan pertemuan Xi-Trump di Argentina, meskipun ia tidak memberikan rincian.

Ia menekankan China mampu melanjutkan reformasi dan mengembangkan dirinya sendiri, jika AS tak mau mengimplementasikan kerja sama yang saling menguntungkan. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar