Palapa Ring Ditargetkan Rampung Kuartal Kedua 2019

  • Jumat, 26 Oktober 2018 - 00:45:52 WIB | Di Baca : 1152 Kali

SeRiau - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menargetkan proyek infrastruktur penanaman serat optik di seluruh Indonesia alias Palapa Ring rampung pada kuartal kedua tahun 2019.

"Tadinya kami harapkan akhir tahun ini. Tapi awal 2019 itu konstruksinya selesai, jadi integrasi keseluruhannya selambat-lambatnya selesai kuartal kedua 2019," ujar Rudiantara di kantornya, Kamis (25/10/2018).

"Memang kami upayakan lebih cepat lagi sih. Tapi, kita lebih baik coba buat target yang lebih realistis, yakni kuartal kedua tahun depan," lanjut dia.

Jaringan bagian barat, tengah, dan timur hingga saat ini masih dalam proses pengerjaan. Jaringan Indonesia bagian barat misalnya, dari total 2.275 kilometer jaringan, pemerintah telah membangun 74 persen jaringan.

Untuk jaringan Indonesia bagian tengah, dari total 2.995 kilometer jaringan, pemerintah telah membangun 35 persen jaringan. Adapun, Indonesia bagian timur, dari total 6.878 kilometer jaringan, pemerintah baru membangun 18 persen jaringan.

"Jaringan barat sudah beroperasi, di tengah ini bulan Oktober dan November ini dilakukan tes dan integrasi. Tinggal terutama yang di timur, di Papua, memang tidak mudah," ujar Rudiantara.

Apabila proyek ini rampung, jaringan Palapa Ring akan menjadi tumpuan seluruh penyelenggara telekomunikasi dan pengguna jasa telekomunikasi di Indonesia dan terintegrasi dengan jaringan yang telah ada milik penyelenggara telekomunikasi.

Artinya, masyarakat semakin terbuka akses komunikasinya. Bahkan, di daerah yang terpencil sekalipun. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar