Job Fair 2018 di UIR Diserbu Masyarakat 15 Perusahaan Sediakan 234 Lowongan Kerja

  • Rabu, 17 Oktober 2018 - 14:12:43 WIB | Di Baca : 93 Kali

 

SeRiau - Pameran kesempatan kerja road to campus yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja RI diserbu masyarakat dan ratusan mahasiswa. Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L bersama Asisten Bidang Ekonnomi dan Pembangunan Sekretariat Kota Pekanbaru, Ir. Hj. El Shabrina MP, Kepala Dinas Tenaga Kerja Ir. H. Johny Sarikoen, MT., Wakil Rektor I Dr. H. Syafhendry, Wakil Rektor II Ir. H. Asrol hadir secara bersamaan menyaksikan Job Fair yang dibuka El Shabrina atas nama Walikota di Pusat Kegiatan Mahasiswa UIR Perhentian Marpoyan Pekanbaru, Rabu (17/10). 

Job Fair Road to Campus di PKM UIR berlangsung selama dua hari (Rabu-Kamis, 17-18/10). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari sepekan pelaksanaan Job Fair yang dilaksanakan di empat perguruan tinggi. Masing-mamsing Poltekkes Kemenkes Riau (8-9/10), Universitas Riau (10-11/10), Universitas Lancang Kuning (15-16/10) dan Universitas Islam Riau (17-18/10).

Loading...

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Ir. H. Johny Sarikoen, MT, Job Fair di UIR diikuti oleh 15 perusahaan skala nasional dan daerah. Ke-15 perusahaan tersebut menyediakan lowongan kerja untuk 234 orang. Dengan rincian PT. Bank Danamon (Perbankan) 9 orang, PT. Permodalan Nasional Madani (Pembiayaan Mikro) 5 orang, PT. Labersa Hutahean (Perhotelan) 2 orang, PT. Indofood Sukses Makmur (Retail) 5 orang, PT. Farika Riau Perkasa (Readymix Beton & Precast) 27 orang, PT. Matahari Dept. Store (Retail) 20 orang. 

PT. SMS Finance (Pembiayaan) 47 orang, PT. Agricon Putra Cipta Optima (Jasa Pengendalian Hama) 49 orang, PT. Alfa Scoorpii (Distributor Sepeda Yamaha) 15 orang. PT. Inti Cakrawala Citra/Indogrosir (Retail) 5 orang, PT. Penerbit Erlangga (Perdagangan) 2 orang, PT. Alpha Hotel (Perhotelan) 6 orang, PT. Citra Mustika Pandawa (Retail Elektronik & Furniture) 7 orang, Witama School (Pendidikan) 50 orang, PT. Best Profil (Perdagangan Berjangka) 24 orang.

Johny mengatakan, angka pengangguran di Kota Pekanbaru tahun 2017 relatif masih tinggi yakni mencapai 45.716 orang atau 8,90% dari jumlah angkatan kerja sebesar 513.271 orang. Tingginya angka pengangguran itu disebabkan oleh banyaknya lulusan sekolah mulai dari SLTA sampai perguruan tinggi yang belum mendapat pekerjaan. Adanya kesenjangan kompetensi antara lulusan pendidikan formal dengan kebutuhan pasar kerja. Faktor lain, kata Johny, terbatasnya informasi pasar kerja bagi tamatan pendidikan untuk mendapatkan pekerjaan.

''Job Fair ini adalah upaya nyata memfasilitasi dan mempertemukan pencari kerja dengan pengguna kerja secara langsung. Selain itu membantu pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, membantu perusahaan pengguna tenaga kerja mendapatkan tenaga kerja sesuai kebutuhan. Kita juga berusaha mengurangi angka pengangguran di Pekanbaru,'' tegas Johny.

Rektor UIR Prof. Syafrinaldi mengapresiasi pelaksanaan Job Fair di Kampus UIR. Kegiatan ini, lanjutnya, sesuatu yang sangat berharga. Tidak hanya bermanfaat bagi user atau perusahaan akan tetapi juga bagi pencari kerja. Dikatakan, Universitas Islam Riau saja, misalnya, setiap tahun mewisuda hampir 4.000 sarjana. Dan, saat ini alumni yang sudah dihasilkan UIR tercatat 49.887 orang. Mereka, ujar Rektor, bekerja di semua sektor kehidupan. Bahkan Walikota Pekanbaru Firdaus MT dan mantan Wakil Kepala Jaksa Agung Basril Arief, SH adalah alumni UIR.

''Di Job Fair ini mahasiswa, alumni dan masyarakat dapat melihat peluang-peluang kerja yang tersedia dan disediakan oleh perusahaan. Semoga alumni-alumni UIR yang baru diwisuda menemukan jodoh pekerjaan di Job Fair ini,'' tegas Rektor.* rls




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar