Jokowi Bicara Winter is Coming, Tim Prabowo: Ekonomi RI Tengah Sulit

  • Jumat, 12 Oktober 2018 - 16:01:59 WIB | Di Baca : 1335 Kali

SeRiau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutip istilah 'winter is coming' dari serial Game of Thrones untuk menggambarkan kondisi perekonomian global saat ini. Apa kata Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno?

"Bagus. Saya yakin Pak Jokowi sudah nonton semua film itu sehingga beliau hapal," ujar Koordinator BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (12/10/2018).

Dahnil pun membeberkan gambaran kondisi perekonomian Indonesia yang dinilainya tengah sulit. Indonesia, kata Dahnil, akan terpuruk ketika ada 'economy shock' dari kondisi global.

"Ekonomi Indonesia sedang sulit, rupiah terus tertekan, rakyat terus mengeluh harga-harga mahal dan lapangan pekerjaan sulit, itulah kenapa Jokowi membatalkan kenaiakan BBM yang sudah diumumkan satu jam sebelumnya," katanya.

"Didasari fakta ekonomi Indonesia sedang sulit, apalagi fundamental ekonomi kita rapuh, maka ketika ada 'economy shock' dari luar yakni kondisi ekonomi global, maka Indonesia akan semakin terpuruk secara ekonomi," imbuh Dahnil.

Sebelumnya, Jokowi mengingatkan kepada seluruh pejabat dunia yang hadir dalam acara IMF-World Bank (WB)tahun 2018 untuk mewaspadai fenomena baru yang mengancam ekonomi. Ancaman tersebut, kata dia datang setelah para pemangku kebijakan di dunia berhasil menyelamatkan ekonomi dari krisis keuangan.

Menurut Jokowi, laporan dari Christine Lagarde yang menyebut ekonomi negara masih dibayangi perbaikan data ekonomi Amerika Serikat (AS). Jokowi menyebut bahwa ekonomi saat ini seperti winter is coming atau yang dikenal dalam serial Game of Thrones.

"Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang, negara-negara yang tengah tumbuh sedang mengalami tekanan pasar yang besar, dengan banyak masalah perekonomian dunia sudah cukup kita mengatakan bahwa winter is coming," ujar Jokowi di Nusa Dua Hall, Bali, hari ini. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar