Jokowi Minta Para Pengusaha Wanita Jual Produknya ke Pasar Ekspor

  • Selasa, 09 Oktober 2018 - 05:12:19 WIB | Di Baca : 375 Kali

SeRiau - Presiden Joko Widodo membuka rapat kerja nasional ke-28 Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di Padang Sumatera Barat. Dalam kesempatan itu Jokowi meminta para peserta yang didominasi wanita yang hadir tersebut, agar dapat meningkatkan ekspor produknya ke luar negeri. 

Jokowi mengatakan, ekspor Indonesia ke luar negeri dapat memperbaiki defisit neraca perdagangan dan neraca transaksi berjalan perekonomian dalam negeri. Ia yakin produk UMKM Indonesia mampu bersaing dengan produk negara lain.

"Saya mengajak ibu-ibu semua agar berani mengarahkan produknya ke pasar ekspor. Enggak usah ragu karena pasar itu ada segmentasinya yang berbeda-beda. Ada segmentasi atas, tengah, dan bawah," kata Jokowi di Hotel Grand Inna, Padang, Sumatera Barat, Senin (8/10).

Loading...

"Jadi yang namanya pasar ekspor itu kita selalu mikirnya harus Amerika, harus Eropa, harus Jepang, padahal pasar-pasar yang lain di Asia Afrika terbentang sangat luas dan produk-produk kita bisa bersaing dengan produk-produknya dari negara lain, harganya, kualitasnya," ujarnya lagi.

Jokowi juga sempat mengundang salah satu pengusaha bernama Leni ke atas panggung berbagi cerita. Di hadapan Jokowi, Leni menyampaikan sudah mengekspor produknya ke Asia dan Afrika. Jokowi juga mengatakan saat ini pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia terbesar di Asia Tenggara.

"Ingat bahwa tulang punggung ekonomi kita adalah terbesar di Asia Tenggara. GDP kita terbesar di Asia Tenggara dan di dalamnya yang terbesar memang usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah. Yang di dalamnya lagi adalah pengusaha-pengusaha perempuan," ujarnya.

Menutup sambutannya, Jokowi mengajak para pengusaha agar mampu beradaptasi dan dengan perubahan global. Salah satu cara adaptasi itu adalah dengan menjual produknya secara online.

"Kalau ini kita enggak mengerti, kita masih pakai cara-cara lama padahal dunia sudah berubah, hati-hati. Saya senang tadi Bu Nita menyampaikan sudah mulai mengajak para perempuan pengusaha untuk menjual produknya secara online, kalau kita ingin barang-barang kita terjual dengan cepat dengan harga yang baik," tandasnya. (**H)


Sumber: kumparanNEWS




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar