Taslimul Haya Terpilih Menjadi Kepala MTs YLPI Lubuk Bendahara. Ini Pesan Ketum YLPI Riau

  • Senin, 01 Oktober 2018 - 19:07:37 WIB | Di Baca : 2442 Kali

 

SeRiau - Madrasah Tsanawiyah (MTs)  YLPI Riau Lubuk Bendahara Rohul sejak Jumat (28/9) lalu resmi memiliki kepala sekolah yang baru. Taslimul Haya resmi terpilih menjadi kepala MTs Lubuk Bendahara periode 2018-2022 mengantikan Refliadi yang telah habis masa jabatan sebagai kepala MTs.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala MTs. YLPI Riau Lubuk Bendahara langsung dilakukan oleh Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau Dr.H. Nurman. MSi di Gedung MTs Lubuk Bendahara, Jumat (28/9). Hadir pada pelantikan tersebut perwakilan Kandepag Rohul, Dispora Rohul, pihak kecamatan, kelurahan dan majelis guru.

Dr. Nurman yang hadir bersama pengurus YLPI Riau berpesan kepada kepala MTs Lubuk Bendahara yang baru agar terus meningkatkan kinerja melalui tim yang solit baik itu antara kepala sekolah dengan wakil dan guru. Semua tim harus bisa bekerja sama, bahu membahu bagaimana bisa memajukan sekolah." Orang lain mengapa bisa maju kenap kita tidak?. Oleh karena itu saya berpesan terus tingkat kinerja, saling bekerja sama serta menjalin dan membangun komunikasi dengan baik bersama stakeholders," kata Nurman, Senin (1/10) via WA

Tantangan kepala sekolah yang baru, kata Nurman semakin berat bagaimana bisa meningkatkan akreditasi sekolah dari B ke A. Akreditasi ini merupakan bukti fisik peningkatan kualitas pendidikan suatu sekolah. Terus tingjatkan mutu dan tata kelola yang baik." Kalau ini sudah dilaksanakan saya yakin MTs YLPI Riau Lubuk Bendahara akan maju," kata mantan Warek I UIR ini

Sementara Ketua I Bidang Pendidikan YLPI Riau Dr. Dewi Fortuna Ayu.STP.MSi mengatakan dalam proses pemilihan kepala sekolah ada beberapa tahapan yang dilalui. Tahapan ini meliputi penjaringan calon kepala sekolah, seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Dari 4 calon kepala sekolah yang lulus administrasi hanya tiga yang memenuhi syarat yakni Taslimul Haya, SAg, Efniwarta SPdi dan Elpizarwati SAg. Seleksi administrasi ini, kata Dewi, ada beberapa kriteria yang dilihat seperti pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan yang pernah diikuti dan piagam penghargaan. Seleksi administrasi mempunyai bobot 40 persen. Setelah seleksi administrasi, calon kepala sekolah ikut seleksi wawancara yang dilakukan oleh pengurus YLPI Riau menyangkut dengan integritas dan ke YLPI an, akhlak dan keislaman, masalah akademik, masalah pengelolaan aset dan keuangan dan terakhir masalah psikologi. Nilai bobot test wawancara sebesar 60 persen." Akhirnya setelah dirapatkan dan melihat berbagai pertimbangan maka terpilihlah bapak Taslimul Haya sebagai kepala MTs YLPI Riau Lubuk Bendahara," kata Dewi, Senin (1/10) di Pekanbaru.

Pemilihan kepala sekolah dibawah YLPI Riau, kata Dewi berlaku 4 tahun selama dua periode. Mekanisme pemilihan kepala sekolah ini melalui harus melalui proses penjaringan, seleksi administrasi dan seleksi wawancara." Ini sudah menjadi ketentuan bagi sekolah dibawah YLPI Riau. Saat ini kita memiliki 9 sekolah mulai dari TK hingga SMA. Kalau pergantian kepala sekolah tahun ini baru hanya kepala MTs YLPI Riau Lubuk Bendahara. Sedangkan sekolah lain kemungkinan di tahun 2019 mendatang," kata Dewi. 

Dewi juga berpesan agar kepala MTs yang baru dilantik bisa meningkatkan kualitas pendidikan, peningkatan akreditasi dari B ke A, peningkatan sarana dan prasarana sekolah serta peningkatan kemandirian dalam pengelola administrasi dan keuangan sekolah." Ini yang harus diperhatikan oleh kepala sekolah yang baru. YLPI juga akan memberikan beasiswa bagi siswa MTs yang hafiz alquran untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi," sebut Dewi (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar