Kekuatan Dosen UIR, Rektor: Kita Punya 11 Profesor dan 101 Doktor, 104 Dosen Lagi Sedang Selesaikan Doktor

  • Sabtu, 29 September 2018 - 19:04:34 WIB | Di Baca : 3188 Kali

 

SeRiau - Univeristas Islam Riau (UIR) hingga saat ini sudah mempunyai tenaga pengajar 11 orang profesor dan 101 dosen tetap yang bergelar Doktor (S3). Tidak hanya disitu saja, sebanyak 104 dosen lagi saat ini sedang menyelesaikan program doktor (S3) baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Mudah-mudahan para dosen yang sedang melaksanakan tugas belajar baik di dalam maupun di luar negeri akan segera pulang dengan meraih gelar Doktor dan mengabdikan ilmunya di kampus kita tercinta Universitas Islam Riau," kata Rektor UIR Prof. Dr. Syafrinaldi SH MCL saat Rapat Senat Terbuka UIR dalam rangka Wisuda Diploma, Sarjana dan Magister periode September 2018, di Volly Indoor UIR, Sabtu (29/9)
 
Sebelumnya, kata Rektor, pada bulan Juni hingga September 2018 sudah ada 7  orang dosen tetap yang telah menyelesaikan program studi Doktornya (S3). Dengan diraihnya geler doktor,pimpinan UIR beserta seluruh civitas akademika menyampaikan tahniah kepada ke tujuh orang Doktor baru tersebut atas prestasinya meraih gelar Doktor." Semoga darma baktinya untuk memajukan Prodi dan UIR ke depan akan semakin membanggakan kita semua," kata Syafrinaldi

Rektor juga sangat bangga dengan diraihnya dua fakultas di UIR yang bersertifikat ISO 9001: 2015, yakni Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Agama Islam (FAI). Insya Allah dalam waktu dekat ini akan disusul Fisipol yang juga akan bersertifikasi ISO. ISO 9001, kata Rektor merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Demikian juga dengan prestasi dari para guru Besar dan dosen dalam publikasi ilmiah yang diukur dengan sistem SINTA Kemristekdikt RI," Alhamdulillah per tanggal 19 September 2018 lalu UIR berada pada peringkat 98 nasional dengan Score 879," sebutnya.

Kepada 1.375 lulusan yang diwisuda, Rektor meminta agar bisa menjaga nama baik almamater ketika berada ditengah masyarakat. "Semoga ilmu yang diperoleh dibangku kuliah bisa memberi manfaat dalam membawa kehidupan yang lebih baik lagi, bagi alumni sekalian" katanya

Melalui kesempatan itu Rektor juga mengajak semua pimpinan UIR, Fakultas dan Prodi untuk terus bekerja keras, bekerja dengan penuh semangat untuk memajukan prodi masing-masing. " Memajukan Fakultas dan memajukan Universitas untuk kita persembahkan kepada YLPI Riau dan seluruh masyarakat Indonesia serta dunia Internasional," ujarnya.

Sementara, Kasi Kelembagaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), Jamurin SH MH, menyampaikan bahwa pemerintah secara terus menerus berupaya untuk meningkatkan angka partisipasi kasar, namun dengan keterbatasan sumber daya yang dimiliki, maka peran masyarakat tetap diharapkan agar angka partisipasi kasar Indonesia akan dapat sejajar atau bahkan lebih tinggi dari negara-negara Asean.

" Dalam konteks ini, diharapkan UIR untuk terus meningkatkan peranya dengan mengembangkan program prodi yang diperlukan oleh masyarakat dan pada saat yang sama meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan akreditasi prodi dan institusi," kata Jamurin (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar