Bawaslu Ingatkan Caleg dari DPD NasDem Bengkalis tidak Lakukan Pelanggaran Pidana

  • Sabtu, 29 September 2018 - 01:06:27 WIB | Di Baca : 349 Kali

SeRiau - Pasca dimulainya tahapan kampanye calon legislatif (caleg) dan pemilihan presiden (pilpres) tanggal 23 September 2018, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis melakukan sosialisasi ke Sekretariat DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Bengkalis.

Ketua Bawaslu Bengkalis, Mukhtasin mengatakan, bahwa pihaknya melakukan sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Perbawaslu Nomor 21 Tahun 2018 tentang Pengawasan Penyelenggara Pemilihan Umum.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk pencegahan agar, peserta pemilu dan caleg dari partai yang lolos termasuk Partai NasDem di Kabupaten Bengkalis tidak melakukan pelanggaran," katanya.

Loading...

Selain itu, dikatakan Mukhtasin, partai politik diingatkan untuk tidak melakukan pelanggaran pada masa kampanye. Apalagi saat ini sudah ada Tim Central Gakkumdu, yang terdiri dari kepolisian, jaksa, dan bawaslu.

"Artinya, ketika ada pelanggaran yang masuk ranah pidana melalui central gakkumdu dan akan memberikan sanksi kepada peserta pemilu dan caleg. Kami pun yakin caleg dari Partai NasDem Kabupaten Bengkalis sudah memahami hal ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD NasDem Kabupaten Bengkalis, Mahmudin Purba kepada GoRiau.com mengatakan, pemilu kali ini diharapkan bisa jujur, adil dan bersih. Juga setiap caleg dari NasDem bisa berkampanye secara sportif, tanpa menjelek-jelekkan caleg lainnya saat kampanye.

"Sebelum dimulainya masa kampanye ini, kami juga sudah mendapatkan pembekalan dari internal Partai NasDem, bagaimana menjalankan pemilu yang aman dan nyaman," kata Mahmudin Purba, Jumat (28/9/2018) petang.

Masih dikatakan Mahmudin, dengan adanya sosialisasi dari Bawaslu ini, diharapkan bisa meminimalisir kesalahan dan pelanggaran, hingga 17 April 2019 mendatang. Sehingga, Partai NasDem melahirkan kader pilihan yang benar-benar konsisten dengan kejujuran dan keinginan membangun Kabupaten Bengkalis.

"Kita juga sudah mengingatkan, saat kampanye nanti seluruh kader NasDem untuk menjaga kejujuran. Agar tidak ada hal-hal negatif yang mampu mencederai partai sendiri," ungkap Mahmudin.

Kunjungan Bawaslu yang sifatnya mendadak ini dihadiri Sekretaris DPD NasDem Bengkalis R Erfan Sufriadi, anggota DPRD Bengkalis dari fraksi NasDem Pipit Lestari dan Fransisca, Ketua DPC Kecamatan Bengkalis, OKK dan para pengurus lainnya. (**H)


Sumber: Goriau.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar