KPU Bersama Peserta Pemilu Pagi Ini Deklarasi Kampanye Damai

  • Ahad, 23 September 2018 - 05:09:58 WIB | Di Baca : 1102 Kali

SeRiau - Proses penetapan peserta pemilu legislatifdan pilpres 2019 telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pekan ini.

Terkini, pada pagi akhir pekan ini, KPU merencanakan menggelar deklarasi kampanye damai bersama seluruh peserta pemilu dan pilpres. Proses kampanye sendiri memang dibuka mulai hari ini, Minggu (23/9).

Komisioner KPU RI, Hasyim Asy'ari mengatakan deklarasi kampanye damai itu direncanakan digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

"Rencananya di tingkat pusat KPU menggelar deklarasi kampanye damai yang dihadiri oleh pimpinan parpol tingkat nasional dan paslon capres cawapres, itu akan dibacakan deklarasi kampanye damai," kata Hasyim, Jumat (22/9).

Masa kampanye pemilu legislatif dan pilpres secara nasional digelar mulai hari ini hingga 13 April 2019. Setelah itu akan ada masa tenang, 14-16 April 2019, sebelum hari pencoblosan secara serentak pada 17 April 2019.

Berdasarkan rangkaian acara deklarasi yang bakal digelar hari ini di Monas itu akan dibuka sekitar pukul 07.00 WIB. Rangkaian pertama adalah karnaval jalan kaki diawali pelepasan balon. Setelah itu, akan ada kegiatan menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya, disusul pembacaan doa.

Disebutkan dalam rencana susunan acara, pembacaan doa itu akan dipimpin Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. Setelah itu ada sambutan dari KPU sebelum akhirnya para peserta pemilu membacakan ikrar serta menandatangani deklarasi kampanye damai.

Pada 21 September lalu, saat hari pengundian nomor urut calon presiden-wakil presiden, Ketua KPU Arief Budiman mengimbau seluruh peserta pemilu 2019 tidak melakukan hal apapun yang dilarang dalam berkampanye. 

"Kampanyelah dengan damai. Kampanye dengan aman, jangan saling menghujat dan jangan saling menghina, tapi tampilkan program visi misi anda untuk mendapatkan keyakinan masyarakat akan memilih anda," kata Arief di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/9).

Arief mengatakan subtansi dari kampanye adalah meraih dukungan. Namun itu diraih dengan cara mensosialisasikan berbagai janji politik yang akan direalisasikan ketika terpilih nantinya. 

Oleh karena itu, sedianya para peserta pemilu 2019 menyampaikan kepada masyarakat mengenai visi dan misi untuk memenangi kontestasi demokrasi ini.

Pemilu 2019 bakal diikuti 16 partai di tingkat nasional, dan empat partai di tingkat daerah yaitu di Aceh. Sementara itu, untuk Pilpres 2019 diikuti dua pasang calon presiden-wakil presiden yakni Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar