Menang 3-0 Atas Southampton, Liverpool Puncaki Klasemen

  • Sabtu, 22 September 2018 - 23:28:43 WIB | Di Baca : 1172 Kali

SeRiau - Liverpool sementara memuncaki klasemen Premier League. Ini berkat kemenangan The Reds 3-0 atas Southampton.

Pada laga pekan keenam yang dihelat di Anfield, Sabtu (22/9/2018) malam WIB, Liverpool mencetak seluruh golnya di babak pertama lewat bunuh diri Wesley Hoedt, Joel Matip, dan Mohamed Salah.

Liverpool yang menarik pedal gas di babak kedua membuat total delapan attempts dengan lima on target. Sementara Soton cuma punya dua attempts sepanjang 90 menit.

Tambahan tiga poin membuat Si Merah menggeser Chelsea dari puncak klasemen dengan 18 poin. Soton ada di posisi ke-14 dengan lima poin.

Jalannya pertandingan 

Liverpool melakukan sejumlah perubahan dengan memasukkan tiga nama yang tak jadi starter di laga kontra Paris St-Germain. Mereka adalah Joel Matip, Xherdan Shaqiri, dan Roberto Firmino.

Bermain di depan pendukung sendiri, Liverpool langsung tancap gas sejak menit awal dan berupaya untuk mencari gol cepat. Tapi, pertahanan Soton terbilang tangguh dan mampu meredam empat penyerang tuan rumah.

Tapi, gawang Soton akhirnya bobol juga ketika laga berjalan 10 menit. Berawal dari korner Liverpool yang dibuang pemain Soton, bola berakhir di kaki Shaqiri dan dia lantas menembaknya. Bola malah mengenai kaki pemain Soton sebelum Wesley Hoedt untuk bergulir ke gawangnya sendiri.

Dua menit kemudian Soton nyaris membalas gol itu lewat situasi sepak pojok. Bola mengarah ke kepala Jannick Vestergaard tapi tandukannya masih melebar dari sasaran.

Di menit ke-20, Liverpool nyaris mendapat gol kedua saat kerjasama satu-dua Firmino dan Salah membuat pemain Mesir itu berada satu lawan satu dengan kiper. Tapi, Cedric Soares dengan cepat membuang bola dan berujung korner.

Dari sepak pojok itulah, Liverpool mendapat gol keduanya. Bola dari Trent Alexander-Arnold melayang ke kotak penalti dan Matip dengan mudah melompati Vestegaard untuk menanduk bola ke pojok kanan atas gawang Alex McCarthy.

Setelah gol itu, Liverpool makin bernafsu menambah gol tapi serangan kerap mentah di pertahanan Soton.

Di menit ke-42 Liverpool mendapat kans emas memperbesar keunggulan ketika umpan panjang Roberto Firmino mencapai Salah di kotak penalti. Meski dibayangi Vestergaard, Salah masih bisa lepas dan menyepak bola dengan tumitnya, tapi masih melebar dari sasaran.

Salah! Pemain asal Mesir itu akhirnya bikin gol juga di menit kedua injury time babak pertama. Free kick Shaqiri di depan kotak penalti menghantam mistar dan Salah dengan cepat menyontek bola rebound ke jala Soton.

Masuk di babak kedua, Liverpool terlihat menurunkan tempo permainan. Xherdan Shaqiri yang lebih bertipe menyerang digantikan James Milner untuk memperkuat lini tengah.

Tak ada peluang berbahaya dibuat Liverpol di babak kedua. Serangan yang dibangun trio lini depannya lebih banyak mentah di pertahanan Soton yang bermain lebih rapat.

Liverpool sempat menjebol jala Soton lagi di menit ke-88 lewat Salah memaksimalkan kemelut di depan gawang. Tapi, gol dianulir karena Salah sudah terjebak offside lebih dulu.

Soton mendapat peluang pertama di masa injury time ketika Charlie Austin berdiri bebas di sisi kanan kotak penalti. Tapi, tembakan Austin bisa dibendung Alisson Becker dan berujung korner.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Andrew Robertson, Virgil Van Dijk (Joe Gomez 55'), Joel Matip, Trent Alexander-Arnold; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum (Naby Keita 72'); Sadio Mane, Xherdan Shaqiri (James Milner 46'), Mohamed Salah; Roberto Firmino.

Southampton: Alex McCarthy; Jannick Vestergaard, Wesley Hoedt, Ryan Bertrand; Cedric Soares, Pierre-Emile Hojbjerg, Oriol Romeu (Jan Bednarek 55'), Mario Lemina, Matt Targett (Stuart Armstrong 55'); Nathan Redmond; Shane Long (Charlie Austin 82'). (**H)


Sumber: detikSport





Berita Terkait

Tulis Komentar