Sandiaga Uno Belum Pantas Disebut Ulama

  • Kamis, 20 September 2018 - 05:39:27 WIB | Di Baca : 1183 Kali

 

SeRiau - Dosen Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Amirsyah Tambunan menilai bakal cawapres Sandiaga Salahudin Uno belum bisa dikatakan sebagai ulama. Pasalnya, pelabelan seseorang untuk menjadi ulama itu harus melalui berbagai tahapan. Setidaknya ada tiga tahapan yang kudu dijalani manusia untuk menjadi ahli di bidang pengetahuan agama Islam tersebut.

Bila dilihat dari sisi akademis, kata Amirsyah, maka yang bersangkutan harus menjalani uji identifikasi, kualifikasi dan kompetensi yang dilakukan oleh salah satu perguruan tinggi. Nantinya, setelah seseorang melalui berbagai tahapan itu, maka dia sudah sah dinyatakan sebagai ulama.

“Jadi mungkin begini, perlu sedikit menyayangkan kalau memang mengklaim seseorang itu ulama. Padahal secara akademis membutuhkan kompetensi keilmuan," kata Amirsyah kepada Okezone, Kamis (20/9/2018).

Amirsyah menjelaskan, proses identifikasi dilakukan untuk mengenal latar belakang calon ulama. Setelah itu, tahap kualifikasi dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana seseorang mendalami ilmu agama secara detail. Lalu, penentuan seseorang lolos atau tidak menjadi ulama itu diputuskan melalui tahap uji kompetensi.

“Tiga tahapan itu adalah merupakan otoritas dari lembaga keilmuan ya seperti kampus, perguruan tinggi keagamaan,” imbuh dia.

Terlepas dari ketiga tahapan itu, Amirsyah mengatakan, ulama itu harus menguasai ilmu multidimensi. Sebab, yang bersangkutan nantinya akan menjadi junjungan bagi umat Islam, ketika meminta petunjuk dalam menjalani kehidupan di dunia. Karena itu, tak mudah seseorang untuk menjadi ahli agama, lalu dilabelkan sebagai ulama.

“Ulama itu harus memguasai ilmu multidimensi. Politik, sosial dan budaya pada basis keagamaan yang kuat. Karena penguasaannya terhadap potensi keilmuan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nurwahid merupakan pihak yang melabeli Sandiaga Uno sebagai ulama. Menurut Hidayat, definisi ulama tidak berkaitan dengan seseorang yang mengerti ilmu agama saja. Keulamaan Sandiaga, kata Hidayat, justru terlihat dalam perilakunya.

 

 

 

 

Sumber Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar