Jokowi Minta Dukungan Republik Ceko untuk Produk Sawit RI

  • Senin, 17 September 2018 - 11:23:31 WIB | Di Baca : 1307 Kali

SeRiau - Masih adanya kampanye gelap terhadap produk sawit Indonesia di Eropa, menjadi salah satu pembahasan antara Presiden Joko Widodo dan Senat Republik Ceko. Pertemuan berlangsung di Istana Merdeka, Senin 17 September 2018. 

Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir, menjelaskan, Indonesia meminta dukungan Ceko terhadap produk sawit Indonesia. 

"Pesan yang disampaikan adalah permintaan dukungan terhadap produk kelapa sawit Indonesia," kata Fachir, usai pertemuan di Istana Negara, Jakarta. 

Permintaan agar Ceko ikut membantu, diutarakannya, karena masalah ini menyangkut banyak petani sawit yang ada di Indonesia. Presiden Jokowi menyampaikan agar parlemen Ceko bisa memberi perhatian lebih pada masalah ini.

"Dan secara khusus kemudian disampaikan ini menyangkut 17 juta petani Indonesia yang terkait di dalam produk kelapa sawit ini," katanya.

Fachir mengatakan, Republik Ceko pada dasarnya tidak mempersoalkan kelapa sawit di Indonesia. Mengingat, ada potensi diskriminasi yang dilakukan Eropa kepada Indonesia. 

Ceko, melalui Presiden Senat Milan Stech, berjanji akan ikut membantu Indonesia dalam mengatasi masalah kelapa sawit ini.

"Dia katakan bahwa kami sebenarnya tidak memiliki persoalan terkait itu, karena itu kami pun tentu akan ikut agar persoalan ini segera diselesaikan. Antara lain ini kan masih ada potensi diskriminasi dan itu Bapak Presiden tadi minta supaya Ceko bisa membantu," kata Fachir. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar