Gus Ipul Minta Yahya Waloni Minta Maaf ke TGB dan Ma'ruf Amin

  • Ahad, 16 September 2018 - 18:51:45 WIB | Di Baca : 1546 Kali

SeRiau - Ketua PBNU sekaligus Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengaku miris mendengarkan video viral ceramah Ustaz Yahya Waloni yang menyerang bakal calon wakil presiden KH Ma'ruf Amin dan Gubernur NTB TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).

"Mencermati video ustaz Yahya Waloni, Saya jadi miris. Seorang ustaz bicaranya tidak terkontrol bahkan mengeluarkan kata-kata yang sungguh tidak mendidik," kata Gus Ipul di Surabaya, Minggu (16/9). 

Mantan Ketua GP Ansor dua periode ini mengatakan umat muslim dididik untuk bisa mencari ilmu dengan meneladani Rasulullah SAW agar berlaku sopan dalam kehidupan sehari-hari.

"Ahlak itu menjadi sangat penting. Kita sudah terbiasa dengan perbedaan pendapat antar ulama, tidak hanya urusan yang kaitannya halal-haram, boleh tidak boleh, tapi juga perbedaan politik sejak Indonesia lahir," kata Gus Ipul.

Gus Ipul mengatakan perbedaan politik dalam Pilpres 2019 tidak berarti menjadi alasan menciptakan permusuhan. Dia berharap Yahya Waloni segera meminta maaf karena telah menyinggung tokoh seperti Ma'ruf Amin dan TGB.

"Kita semua bisa lihat rekam jejaknya. Kiai Ma'ruf jelas sebagai seorang ulama. Begitu juga TGB jelas jejaknya sebagai seorang ulama. Tapi saya belum tahu persis rekam jejak Ustaz Yahya Waloni ini," ujar Gus Ipul. 

"Saya kira ustaz Waloni harus menghentikan dakwah seperti itu. Sebagai tokoh agama hendaknya bisa menjadi contoh. Ucapan yang salah punya dampak yang cukup luas termasuk bisa memicu kekerasan di tengah umat," ucap Gus Ipul.

Video ceramah ustaz Yahya Waloni yang bertendensi menyerang Kiai Ma'ruf dan TGB viral di media sosial. Pidatonya yang berdurasi sekitar 10 menit diposting dalam akun YouTube 'Cahaya Tauhid'. 

Dalam video yang diposting sejak 11 September 2018 itu tampak Yahya tengah berceramah di depan mimbar. Tidak diketahui kapan dan lokasi ceramahnya

Dia mempelesetkan nama TGB dengan 'Tuan Guru Bajingan'. Kemudian Yahya menyebut Kiai Ma'ruf sudah uzur dan akan mati. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar