Ketahui Penyebab Tuas Persneling Susah Pindah

  • Kamis, 13 September 2018 - 15:07:46 WIB | Di Baca : 2741 Kali


SeRiau – Pemilik mobil transmisi manual mungkin pernah mengalami kondisi tuas persnelling susah dipindahkan atau terasa nyangkut di posisi tertentu. Hal ini tentunya sangat mengganggu saat mobil dikemudikan di jalan.

Kondisi tuas transmisi mobil manual yang sulit dipindahkan, kata Pemilik Bengkel Mobil Fendryss Motor, Rusdi Sopandi, di Jakarta, bisa jadi pertanda komponen kopling sudah melemah.
"Ini bisa jadi gejala awal kopling sudah aus atau tipis. Tetapi untuk mencari tahu detail penyakitnya memang harus dibongkar dulu (transmisi)," kata Rusdi saat dihubungi VIVA, Kamis 13 September 2018.

Sementara itu, Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, tuas transmisi yang keras atau susah digerakan memang menjadi salah satu tanda kopling aus. Namun, jika kondisi kopling masih bagus, dan setelan pedal koplingnya masih bagus, maka masalah bisa terjadi pada gigi synchromesh.

"Kalau koplingnya masih oke, maka gigi synchromesh sudah aus. Gigi synchromesh itu berguna untuk pengereman gigi yang berputar, sehingga saat gigi berhenti mudah perpindahan gigi," kata Didi.

"Gigi synchromesh letaknya ada di dalam di dalam transmisi," ujarnya.

 

 

 

 

Sumber VIVA.CO


 





Berita Terkait

Tulis Komentar