UIR-UTP Malaysia Serahkan Dana Penelitian Bersama Senilai USD 120,000

  • Selasa, 11 September 2018 - 10:15:07 WIB | Di Baca : 1441 Kali

 

SeRiau - Mrnindak-lanjuti Memory of Understanding (MoU) antara Universitas Islam Riau (UIR) dengan Universiti Teknokogi Petronas (UTP) Malaysia, Wakil Rektor III UIR Ir. Rosyadi dan Ketua LPPM Dr. Evizal Abdul Kadir, ST., M.Eng menyerahkan dana penelitian bersama kepada pihak UTP senilai USD 120,000.

Penyerahan yang berlangsung di Grant International itu dihadiri Vice Chancellor UTP Prof. Dr. M. Ibrahim Abd Mutalib selaku Pimpinan tertinggi UTP. Turut juga hadir Deputy Vice Chancellir Academic dan Research, serta sejumlah dosen dari kedua universiti.

Ketua LPPM UIR Evizal Abdul Ksdir menyebutkan, dana senilai USD 120,000 itu diberikan kepada UTP untuk merealisasikan program penelitian bersama terhadap 10 proposal yang telah disepakati dalam MoA (Memory of Agreement), meliputi publikasi ilmiah, patent, prototype, buku atau karya lainnya dalam rangka meningkatkan reputasi universitas.

Menurut Evizal Abdul Kadir, penelitian bersama melalui matching grant itu mentargetkan 10 judul penelitian yang anggotanya diambil dari kedua universitas. Masing-masing proposal, kata Evizal, di danai bersama dengan total 10.000 dollar USD untuk jangka waktu satu tahun. 

''Dana penelitian bersama itu yang oleh Pak Wakil Rektor III bersama tim termasuk saya, yang diserahkan ke pihak UTP merealisasikan penelitian yang telah kita sepakati,'' kata Evizal seperti disampaikan Kabag Humas UIR Dr. H. Syafriadi melalui relis, Minggu siang (11/9).

Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L mendukung pelaksanaan joint research UIR-UTP yang pendanaannya dibiayai kedua universitas. Kata Rektor, penelitian bersama ini merupakan langkah maju baik bagi UIR maupun UTP. Menurutnya, kegiatan ini merupakan tidak lanjut dari kesepakatan program yang telah dituangkan dalam MoU antara UIR-UTP.

''Kita tidak mau MoU hanya sekedar seremonial dan formalitas belaka
tanpa ada kegiatan. Ke depan diharapkan banyak lagi program yang bisa digandengkan dengan UTP dan universitas lain baik di dalam maupun di luar negeri dalam upaya mengejar visi dan misi UIR yaitu unggul dan terkemuka tahun 2020. Bersama kita bisa,'' ucap Rektor.*rls





Berita Terkait

Tulis Komentar