Bareng Presiden Korsel, Jokowi Blusukan ke 'Tanah Abang' Seoul

  • Selasa, 11 September 2018 - 01:31:27 WIB | Di Baca : 1130 Kali

SeRiau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in membahas untuk kerja sama kedua negara. Usai pertemuan, Jokowi melakukan blusukan di salah satu kawasan yang ada di Kota Seoul. 

Blusukan itu dilakukan Jokowi usai menghadiri jamuan santap malam kenegaraan di Blue House, Seoul, Korea Selatan, Senin (10/9) malam. Jokowi dan Ibu Negara Iriana diajak Moon Jae-in beserta Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook untuk blusukan.

"Lokasi yang dipilih adalah kawasan Dongdaemun. Tiba pukul 20.30 waktu setempat, Presiden dan Ibu Iriana bersama Presiden Moon Jae-in dan Ibu Kim Jung-sook melihat taman yang dipenuhi bunga dengan cahaya lampu," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/9/2018).

Mereka kemudian berjalan kaki menuju sebuah pusat perbelanjaan. Bey mengatakan, saat berjalan kaki banyak warga yang terkejut melihat kedua kepala negara berada dekat mereka. Momen ini kemudian dimanfaatkan warga untuk berfoto bersama.

"Di pusat perbelanjaan tersebut, Presiden dan Ibu Iriana berkeliling sambil menyambangi beberapa kios. Di kios-kios tersebut Presiden dan Ibu Iriana melihat-lihat pakaian seperti kemeja, jas, blazer, dan sebagainya," kata Bey.

Kedua presiden itu tampak akrab dalam kegiatan itu. Bey mengatakan, setelah berkeliling, Jokowi menyatakan dirinya melihat kawasan Dongdaemun menyerupai kawasan Tanah Abang, Jakarta.

"Saya melihat kawasan Tanah Abang-nya Kota Jakarta," kata Jokowi seperti yang disampaikan Bey.

"Saya diajak Presiden Moon Jae-in. Dijual banyak jenis pakaian, ada pakaian anak-anak, remaja, wanita, dan pria juga ada. Ada 30 ribu toko di sini," imbuh Jokowi.

Jokowi menilai kawasan Dongdaemun dapat dijadikan contoh untuk mengembangkan kawasan serupa di Indonesia. Bey mengatakan, setelah 45 menit blusukan, sekira pukul 21.15 waktu setempat, Jokowi dan Iriana berpisah dengan Presiden Moon Jae-in dan Ibu Kim Jung-sook untuk kembali ke hotel tempat menginap. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar