Dolar AS Mahal, Harga Laptop dan Kamera Naik Hingga Rp400.000

  • Senin, 10 September 2018 - 01:03:24 WIB | Di Baca : 1145 Kali

SeRiau - Pelemahan nilai tukar Rupiah berimbas pada harga barang-barang elektronik yang mayoritas merupakan barang impor. Seperti laptop dan kamera yang mengalami kenaikan harga bahkan hingga Rp400 ribu per unit.

Hal ini terjadi di Pasar Glodok City, Jakarta Barat, di mana para pedagang sudah mulai menaikkan harga jualnya. Hal ini dikarenakan adanya kenaikan harga dari distributor sebesar 10% per unit produk.

Rifki, pedagang laptop juga kamera jenis DSLR mengaku sudah menaikkan harga pada dagangannya, berkisar Rp200 ribu hingga Rp400 ribu. Hal ini bergantung pada jenis barang dan harga awal yang dibanderol pada barang.

"Laptop dan kamera naik mulai dari Rp200 ribu. Paling tinggi tergantung harganya, kalau barangnya harga awal Rp4 juta itu bisa naik Rp400 ribu," jelasnya kepada Okezone di Pasar Glodok City, Jakarta Barat, Sabtu (8/9/2018).

Kenaikan harga ini pun dipastikan Rifki terjadi pada seluruh merek, baik pada produk laptop maupun kamera DSLR. Pasalnya, lanjut dia, harga di distributor sudah meningkatkan 10%.

Meski demikian, Rifki mengaku kenaikan pada produk dagangannya tak sebesar kenaikan distributor. Dirinya menekan keuntungan agar tetap memikat pembeli.

"Distributornya naik 10%, kita naik 5%. Kita ambil untungnya lebih sedikit, kalau enggak konsumen kabur," katanya.

Kondisi yang sama juga terjadi pada Wilson, pedagang khusus laptop, yang menaikkan harga hingga Rp400 ribu per unit.

"Naik kira-kira Rp300 ribu sampai Rp400 ribu per unit. Itu semua merek naik," katanya di lokasi yang sama.

Pedagang laptop lainnya, Kevin, juga mengaku telah mengalami kenaikan hingga Rp400 ribu per unit. Dari kenaikan sebesar 10% di distributor, dirinya memilih menekan keuntungan dengan hanya menaikkan harga sebesar 7%.

"Semua mereka laptop naik sekitar Rp300 ribu hingga Rp400 ribu. Dari distributor 10% sudah naik harganya, ya kita kurangin untungnya jadi naik hanya 7%," jelasnya. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar