Takut OTT KPK, Saksi Bakar Catatan Suap Zumi Zola

  • Kamis, 06 September 2018 - 23:17:11 WIB | Di Baca : 1203 Kali

SeRiau - Karyawan PT Artha Graha Persada, Basri, mengaku pernah diperintahkan bosnya, Imaduddin alis Iim untuk mencatat setiap uang yang disetorkan kepada Gubernur Zumi Zola. Tapi Basri mengaku ketakutan setelah mengetahui adanya operasi tangkap tangan KPK di Jambi. Basri pun membakar catatan itu.

"Sudah saya bakar pak, takut pak saya. Saat ada OTT di Jambi, saya bakar itu pak," kata Basri saat bersaksi untuk terdakwa Zumi Zola di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis, 6 September 2018. 

Basri mengatakan membuat catatan itu atas perintah Iim. Tak hanya setoran dari Iim, Basri mengungkapkan, dalam catatan tersebut juga tercantum pihak-pihak yang turut menyetor kepada Zumi Zola. Pihak-pihak yang sudah menyetor, katanya bakal mendapatkan proyek di Jambi dari Zumi Zola.

"Catatan dibuat biar ketahuan siapa yang sudah setor, dan yang belum setor fee. Konsekuensinya, kalau setor-setor fee pasti dapat proyek," ujarnya.

Dalam persidangan ini, Iim yang juga dihadirkan sebagai saksi mengaku pernah berulang kali membantu Zumi Zola. Iim mengaku bantu Zumi berkurban sapi dan membiayai akomodasi 25 anggota DPD PAN Jambi. 

Bahkan, Iim mengaku Zumi Zola meminta bantuannya menyediakan 2 unit ambulans berjenis APV seharga Rp374 juta untuk keperluan DPD PAN Kota Jambi. 

Mobil ambulans itu diperlukan agar adik Zumi Zola yakni Zumi Laza melenggang mulus menjadi pengurus DPD PAN Kota Jambi. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar