Massa #2019GantiPresiden Belum Tentu Gabung 'PrabowoPresiden'

  • Kamis, 06 September 2018 - 21:58:28 WIB | Di Baca : 1089 Kali

 

SeRiau - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan massa simpatisan #2019GantiPresiden belum tentu dilebur ke dalam gerakan #2019PrabowoPresiden yang digalang Partai Gerindra. 

Dia mengatakan #2019GantiPresiden akan terus dideklarasikan meski Gerindra memiliki gerakan lain. Mardani merupakan pencetus gerakan #2019GantiPresiden yang telah dilakukan di berbagai daerah.

"Sementara (#2019GantiPresiden) jalan hingga masa kampanye berjalan," ujar Mardani saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (6/9).

Mardani tidak ingin menganggap gerakan #2019PrabowoPresiden memecah massa yang selama ini telah bergabung dalam #2019GantiPresiden. Mardani justru mengapresiasi langkah Gerindra. Dia punmendoakan deklarasi #2019PrabowoPresiden yang akan dihelat di Lampung berjalan dengan sukses tanpa hambatan. Begitu juga jika terus di deklarasikan di tempat lain.

"Kami di tagar 2019 ganti presiden gembira jika semua deklarasi untuk dukung manapun dapat berjalan dengan aman dan sukses," tutur Mardani.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menginisiasi dibentuknya Gerakan Nasional Prabowo Presiden (GNPP). Gerakan itu dibentuk sebagai langkah konkret untuk memenangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Rencananya deklarasi GNPP akan digelar di Lampung Jumat (7/9). 

Salah satu panitia deklarasi Mendy Utama mengatakan pihaknya sedang dalam tahap perizinan ke Polda Lampung. Mendy juga mengklaim telah membuat nota dari notaris dan mengajukan surat ke Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Lampung untuk menyelenggarakan acara ini.

Direktur Pencapresan PKS Suhud Aliyudin juga mengapresiasi langkah Gerindra. Dia mengklaim partainya menyambut baik upaya Gerindra yang mencoba menggalang massa demi pemenangan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

"Karena akan memberikan arah pada elemen masyarakat pendukung gerakan #2019GantiPresiden untuk memilih pasangan Prabowo-Sandi," ucap Suhud.

Suhud lalu menampik bahwa gerakan #2019GantiPresiden diinisiasi oleh partainya meski Mardani sudah identik dengan tagar tersebut. massa #2019GantiPresiden, lanjutnya, tidak terikat dengan PKS, sehingga memiliki kebebasan jika ingin bergabung dengan gerakan #2019PrabowoPresiden.

Suhud kemudian mendoakan Gerindra agar deklarasi #2019PrabowoPresiden berjalan lancar. Dia berharap tidak ada halangan seperti yang dialami panitia deklarasi #2019GantiPresiden di beberapa daerah. Baik itu oleh aparat maupun masyarakat yang menolak tagar tersebu dideklarasikan di wilayahnya.

"Kami berharap tidak ada larangan bagi gerakan tagar #2019PrabowoPresiden sebagaimana yg terjadi pada tagar #2019GantiPresiden," ucapnya.

Alasan Deklarasi di Lampung

Dasco mengatakan pemilihan Lampung sebagai lokasi Deklarasi Gerakan Prabowo Presiden karena banyak masyarakat Lampung yang merupakan pendukung Prabowo-Sandiaga.

"Animo terhadap juga Prabowo-Sandi cukup besar," ujar Dasco.


Dasco mengklaim simpatisan Prabowo-Sandi di Lampung yang mendorong dirinya mendeklarasikan #2019PrabowoPresiden. Dengan kata lain, penentuan lokasi deklarasi berasal dari tingkat bawah. Bukan ditentukan secara mutlak dari pusat.

Selanjutnya, kata Dasco, deklarasi #2019PrabowoPresiden akan terus dilakukan di berbagai daerah. Penentuan lokasi pun dilakukan berdasarkan permintaan simpatisan Prabowo-Sandi level akar rumput di masing-masing daerah. 

Aspek kesiapan tiap daerah juga akan ditinjau terlebih dahulu oleh GNPP. Tidak serta merta langsung mengabulkan permintaan simpatisan Prabowo-Sandi di daerah tertentu yang ingin menghelat deklarasi.

"Bedanya deklarasi ini inisiatif dari bawah. Dimulai di Lampung dan nanti akan ke daerah daerah dimana pendukung Prabowo-Sandi siap deklarasi yang dari bawah," ucap Dasco.

Dasco mengklaim sejauh ini telah ada simpatisan Prabowo-Sandi di beberapa daerah yang mengajukan diri untuk menghelat deklarasi. Namun, Dasco masih merahasiakan.

Terpisah, anggota GNPP Jamaal Yamaini juga belum mau membeberkan lokasi deklarasi #2019PrabowoPresiden selanjutnya. Dia hanya mengatakan Sumatera Barat juga menjadi salah satu lokasi deklarasi. Diketahui, Prabowo Subianto menang telak di Sumatera Barat atas Joko Widodo pada Pilpres 2014 silam.

"Nanti akan arahnya juga ke sana, Sumatera Barat," ujar Jamaal.

Jamaal, yang juga Sekjen Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), menjamin bahwa deklarasi #2019PrabowoPresiden sah secara hukum. Bahkan, dia menegaskan bahwa gerakan tersebut sudah tidak lagi tergolong abu-abu karena telah menggunakan nama Prabowo dalam tagar.

"Kami ini orang yang bekerja secara profesional dalam hukum, maka otomatis kami juga ingin bicara dan bergerak Faktual secara de facto dan de jure," ujar Jamaal.

 

 


Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar