Atlet Peraih Medali di Asian Games Ditawari Jadi PNS, Pemerintah Langsung Susun Aturannya

  • Ahad, 02 September 2018 - 12:29:36 WIB | Di Baca : 1151 Kali

 

SeRiau - Atlet peraih medali di Asian Games 2018 bisa tersenyum lebar. Pasalnya, selain dijanjikan bonus hingga miliaran rupiah, para atlet juga disebut-sebut akan ditawarkan untuk menjadi abdi negara atau yang biasa disebut Pegawai negeri Sipil (PNS).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mudzakir membenarkan hal tersebut. Menurutnya, saat ini pihaknya sedang menyusun aturannya agar atlet yang berprestasi di kancah internasional bisa menjadi PNS.

"Saat ini aturannya sedang dirumuskan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Minggu (2/9/2018).

Menurut Mudzakir nantinya formasi yang dimaksud adalah formasi khusus yang disediakan oleh pemerintah. Artinya dalam proses penyeleksiannya akan sedikit berbeda dari pada PNS pada umumnya.

Sementara mengenai status kepegawainnya nantinya akan tetap sama dengan PNS pada umumnya. Termasuk juga mengenai gaji pokok hingga tunjangannya akan disama ratakan dengan yang lain tentunya harus sesuai dengan posisi, jabatan dan kinerja dari pegawai yang bersangkutan.
"PNS biasa sama dengan pns yang lain hanya proses seleksinya yang agak berbeda. Intinya akan ada formasi khusus untuk atlet berprestasi internasional," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan keempat atlet yang berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia itu bisa saja menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) jika yang bersangkutan berminat. Hanya saja, tetap harus ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh atlet-atlet tersebut.

"Bisa saja (keempat atlet penyumbang emas di Asian Games 2018 menjadi PNS), asal memenuhi syarat," ujarnya.

Sebagai informasi, hingga hari terakhir pagelaran Asian Games 2018 Indonesia berhasil menyabet total 98 Medali. Adapun rinciannya adalah 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Berkat perolehan medali yang berhasil diraih mengantarkan Indonesia berada di peringkat 4 klasmen medali Asian Games. Lebih spesialnya lagi, capaian ini juga merupakan record bagi negara Asia Tenggara yang sebelumnya dipegang oleh Thailand. 

 

 

 

 

Sumber Liputan6.com





Berita Terkait

Tulis Komentar