2 Warga AS Terluka Akibat Ditikam Teroris di Stasiun Pusat Amsterdam

  • Ahad, 02 September 2018 - 05:31:56 WIB | Di Baca : 1158 Kali

SeRiau - Dua warga Amerika Serikat (AS) terluka akibat ditikam oleh seorang pria terduga teroris. Kejadian tersebut terjadi di Stasiun Pusat Amsterdam, Belanda, Jumat (20/8) siang waktu setempat.

"Pernyataan pertama yang dibuat oleh tersangka mengindikasikan dia memiliki motif terorisme," kata salah seorang Dewan Kota Amsterdam dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Minggu (2/9).

Akibat aksinya itu, tersangka langsung ditembak polisi. Saat diinterogasi di rumah sakit, pria tersebut mengaku warga Afghanistan, berusia 19 tahun yang memiliki izin tinggal di Jerman.

Kepolisian Belanda kemudian langsung berkoordinasi dengan kepolisian Jerman. Kepolisian Jerman lantas menggeledah rumah tersangka dan menyita beberapa data dan dokumen milik tersangka.

Tersangka kini ditahan di sel isolasi kepolisian Belanda. Tersangka akan dibawa ke hadapan hakim pada Senin (3/9), untuk memutuskan apakah tersangka harus tetap dalam tahanan atau bebas.

Dua orang yang terluka dalam insiden ini adalah pasangan turis asal AS yang tengah berwisata di Amsterdam. Kedua korban saat ini tengah mendapatkan perawatan intensif karena mengalami luka serius.

Serangan teroris menjadi fokus utama pemeruntah Belanda saat ini, pada awal pekan ini, kepolisian Belanda menangkap seorang pria berusia 26 tahun yang diduga mengancam akan menyerang politikus sayap kanan, Geert Wilders, karena mengadakan kontes kartun Nabi Muhammad.

Pada Kamis (30/8), Wilders kemudian membatalkan kontes itu karena pertimbangan keamanan. Kontes yang dibuat oleh Wilders itu memang mendapat kecaman dari masyarakat muslim dunia.

Ribuan orang Pakistan berbaris memprotes kontes itu. Sementara Taliban di Afghanistan menyerukan serangan terhadap pasukan Belanda yang bertugas di negara itu.

Sejak serangan oleh kelompok radikal di Prancis, Belgia, Inggris dan Jerman, Belanda dianggap sebagai sasaran teroris, karena mendukung operasi militer AS terhadap negara Islam di Timur Tengah.

Terakhir, serangan teroris besar di Belanda dilakukan oleh seorang muslim radikal Theo van Gogh pada 2004 silam. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar