Ma'ruf Amin Nonaktif dari Jabatan Ketum MUI

  • Selasa, 28 Agustus 2018 - 19:31:52 WIB | Di Baca : 1063 Kali


SeRiau - Bakal calon Wakil Presiden Mar'uf Amin memilih nonaktif dari jabatannya sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). Langkah itu diambil Ma'ruf demi menjaga independensi MUI dalam Pilpres 2019 mendatang.

"Iya benar nonaktif, bukan mundur, [dari jabatannya], untuk menjaga independensi MUI," kata Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi  kepada CNNIndonesia.com pada Selasa (28/8).

Zainut menyatakan hal tersebut usai mengunjungi Ma'ruf di kediamannya di daerah Koja, Jakarta Utara, siang tadi (28/8).

Ia menyatakan Maruf ingin fokus untuk mendampingi Presiden petahana RI Joko Widodo (Jokowi) dalam kontestasi Pilpres 2019 mendatang.

Lebih lanjut, ia menyatakan keputusan Ma'ruf untuk nonaktif dari Ketua MUI sebenarnya sudah ditetapkan yang bersangkutan sejak ditetapkan sebagai Cawapres Jokowi.

"Sejak ditetapkan sebagai cawapres oleh KPU, beliau sudah berketetapan nonaktif dari Ketua Umum. Sikap itu ditegaskan lagi oleh Kiai, tadi," katanya.

Selain itu, Zainut mengungkapkan keputusan tersebut semata-mata didasari pertimbangan agar posisinya sebagai Cawapres tidak menimbulkan pro kontra di masyarakat 

"Beliau ingin fokus mengerjakan amanat karena dipercaya sebagai Cawapres Jokowi, sebagaimana fokusnya beliau mengabdi di MUI selama ini," katanya.

Ma'ruf sendiri dalam organisasi keagamaan, selain di MUI juga memiliki jabatan di kepengurusan Nahdlatul Ulama (NU). Ma'ruf tercatat sebagai Rais Aam Pengurus Besar NU (PBNU

 

 

 

Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar