6.236 Mahasiswa UIR Ikuti Masa Pengenalan Kampus, Rektor: Jangan Kecewakan Orangtua

  • Senin, 27 Agustus 2018 - 16:40:59 WIB | Di Baca : 707 Kali

 

SeRiau - 'Selamat Datang' di Universitas Islam Riau. Tulisan itu terbaca di dua baliho berukuran besar di pintu masuk dan di Gedung Olahraga Universitas Islam Riau Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru pada Senin pagi (27/8). Kedua baliho itu sengaja dipasang untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru UIR yang mulai Senin-Kamis (27-29/8) mengikuti kegiatan pengenalan kehidupan kampus (PKKMB).

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. H. Syafhendry, PKKMB diikuti 6.236 mahasiswa dari sembilan fakultas di UIR. Masing-masing Fakultas Hukum 875 orang, Fakultas Agama Islam 493, Teknik 1.152, Pertanian 645, Ekonomi 1.205, FKIP 1.388, Fisipol 1.079, Psikologi 301 dan Fakultas Ilmu Komunikasi 389. ''Mereka merupakan putera dan puteri terbaik yang lolos seleksi penerimaan calon mahasiswa baru gelombang pertama, kedua dan ketiga,'' kata Syafhendry saat menyampaikan laporan kepada Rektor UIR pada acara PKKMB di Gedung Olahraga Kampus UIR Pekanbaru.

Loading...

Pembukaan PKKMB dihadiri Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau Dr. H. Nurman, Ketua Dewan Pembina Drs. H. Mukni, Ulama Riau Dr. H. Mustafa Umar, Wakil Rektor II Ir. Asrol, Wakil Rektor III Ir. Rosyadi dan seluruh Dekan di lingkungan Universitas Islam Riau. Di luar itu hadir pula Direktur Pascasarjana Dr. Ir. H. Syaipul Bahri, serta pejabat struktural Rektorat UIR.

Rektor UIR Prof. Syafrinaldi menyambut gembira PKKMB. Disamping dapat menjadi awal yang baik bagi mahasiswa baru mengenal sesama mahasiswa, mereka juga dapat memahami kampus UIR beserta lingkungannya. Di kesempatan yang sama, Syafrinaldi sekaligus bercerita tentang Universitas Islam Riau dan perkembangannya sejak lembaga pendidikan ini didirikan hingga kini.

''Kalian harus bangga bisa kuliah di UIR. Universitas Islam Riau merupakan lembaga terbesar dan tertua di Lembaga Layanan DIKTI Wilayah X yang membawahi Provinsi Riau, Sumbar, Jambi dan Kepulauan Riau. Jangan kecewakan perjuangan kalian dalam berkompetisi masuk menjadi mahasiswa UIR. Juga jangan abaikan usaha keras orangtua menguliahkan kalian disini. Harapan mereka hanya satu, anak-anaknya kuliah dengan baik dan selesai tepat waktu. Karena itu, ukirlah prestasi yang dapat membanggakan kampus serta membuat riang gembira perasaan orangtua,'' ujar Rektor.

PKKMB berlangsung selama empat hari. Dua hari di universitas dan dua hari di fakultas. Selama di universitas, mahasiswa baru diberi pembekalan ilmu pengetahuan tentang 'Mahasiswa, Merdeka dan Cinta' oleh Dr. H. Mustafa Umar, Lc., MA. Wawasan Kebangsaan dari Kapolda Riau dan Danrem 031/Wirabima, serta 'Pendidikan Karakter Menuju Tata Kehidupan dan Etika Kehidupan yang Baik (Anti Narkoba, HIV/AIDS, Anti Korupsi dan Anti Plagiarisme yang disampaikan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Riau, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Riau. 

Usai pembekalan, mahasiswa akan dibina oleh Badan Eksekutif Mahasiswa universitas. Lalu dua hari terakhir mengikuti pengenalan kehidupan kampus di masing-masing fakultas.*rls




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar