Wiranto Pastikan Karhutla Tak Ganggu Perhelatan Asian Games

  • Selasa, 21 Agustus 2018 - 23:37:26 WIB | Di Baca : 1054 Kali

SeRiau - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan, semua pihak telah bergerak cepat dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Barat.

Ia menegaskan, semua pihak juga telah berkomitmen untuk all out dalam mengamankan Karhutla saat Asian Games di Palembang.

"‎Dibandingkan tahun lalu, sekarang lebih kecil (karhutla), karena kita sudah mempersiapkan dengan sungguh-sungguh. Semua all out," ujar Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Men‎urut Wiranto,‎ persiapan pencegahan Karhutla telah dilakukan di beberapa titik panas saat memasuki musim kemarau. Pemerintah, kata dia, telah membangun embung, dan pompa air serta menyiapkan bom air, dan melakukan patroli terpadu.

"Persiapan ini sudah lebih hebat dan lebih kuat dibanding dulu, kalau masih ada (api), nanti kita habisi. Tentu kita tetap waspada," paparnya.

Mantan Panglima ABRI itu menerangkan, pemerintah juga telah melakukan rekayasa cuaca setiap waktu selama berlangsungnya Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan.

‎"Rekayasa dari BNPB kerjasama dengan angkatan udara, tapi enggak sehari-hari bisa terbang, garam ditaburkan, itu kalau ada awan, kalau tidak ada awan apa-apa, ditaburin garam juga enggak hujan," terangnya. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar