Gubernur Bank Sentral Dunia Bakal Gunakan Kartu Debit GPN

  • Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:43:06 WIB | Di Baca : 373 Kali

SeRiau - Para gubernur bank sentral dan menteri keuangan yang bakal menjadi delegasi pertemuan tahunan IMF-World Bank bakal dibekali kartu debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). 

Kartu tersebut bakal digunakan untuk memfasilitasi transaksi pembayaran mereka selama berada di Bali. 

"Mereka kan dapat perdiem (uang saku), itu kami fasilitasi untuk ditaruh di kartu debit GPN. Mungkin per orang sekitar US$1.000 (Rp14,6 juta) atau lebih," ujar Kepala Task Forc IMF-WB Anual Meeting 2018 BI saat berkunjung ke kantor Transmedia, Selasa (14/8).

Loading...

Rencananya, menurut dia, sedikitnya akan terdapat 400 delegasi yang bakal menggunakan kartu debit GPN. Adapun pertemuan tersebut rencananya bakal dihadiri sekitar 3 ribu hingga 4 ribu delegasi resmi. 

Selain itu, terdapat sekitar 1.500 staff IMF dan World Bank, 3.500 hingga 5 ribu investor, seribu wartawan dari berbagai media di seluruh dunia, dan ribuan peserta lainnya. 

"Yang sudah pasti itu sekitar 400 delegasi (gubernur bank sentral dan menkeu). Delegasi yang lainnya, kami akan juga dorong, Ini kami ingin menunjukkan bahkan Indonesia juga punya (sistem pembayaran nasional)," terang dia.

Seperti diketahui, BI tengah gencar mengkampanyekan penggunaan kartu debit dengan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Kartu ini dapat digunakan untuk transaksi di semua kanal pembayaran seluruh Indoensia. 

Namun, kartu ini belum dapat digunakan untuk bertransaksi di luar negeri.

Pertemuan IMF-WB rencananya bakal digelar pada 9-14 Oktober 2018 di Kawasan Nusa Dua, Bali. Rangkaian pertemuan ini bakal dihadiri sekitar 12.500 hingga 15 ribu peserta dari 189 negara anggota. (**H)


Sumber: CNN Indonesia




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar