Punya Pasangan Suportif Bisa Bantu Raih Kesuksesan, Kenapa?

  • Selasa, 14 Agustus 2018 - 06:48:25 WIB | Di Baca : 1394 Kali

 


SeRiau - Memiliki pasangan yang suportif adalah impian setiap orang. Tipe pasanganseperti ini akan siap mendukung dalam keadaan suka dan duka. Bahkan tanpa diminta pun akan langsung memahami kebutuhan pasangannya.

Menurut penelitian, pasangan yang suportif bisa membuat seseorang menjadi lebih sukses. Dikutip dari Swara Tunaiku, ini dia penjelasan lengkapnya.

Walaupun terdengar klise jika seseorang meraih kesuksesan karena pasangannya, tetapi hipotesis ini didapatkan atas penelitian Carnegie Mellon University. Hasil penelitian menunjukkan kalau seseorang akan lebih sukses dalam dunia kerja dan mampu menghadapi tantangan jika didukung oleh pasangannya.

Dengan berhasil menaklukkan tantangan tersebut, membuat rasa bahagia akan bertambah. Setelah sukses melewati tantangan yang ada, Anda dan pasangan bisa melihat jati diri sekaligus mengembangkan potensi diri. Lebih-lebih, bisa merekatkan hubungan kita dengan pasangan.
 

Menyelesaikan masalah bersama

Lalu, bagaimana cara para ilmuan ini memperoleh data? Sebanyak 163 orang yang sudah menikah menjadi informan dalam penelitian ini. Para informan ini diharuskan untuk memilih salah satu dari dua permainan. Yakni, mau berlomba pidato dan dapat hadiah atau menyelesaikan puzzle. Baru dari sini, para peneliti mengamati para pasangan yang berdiskusi menyusun strategi. Dan juga bagaimana mereka memberi dukungan dan meningkatkan kekompakan dengan pasangan.

Ternyata, pasangan yang cenderung kompak mencapai tujuan dan suportif adalah pasangan yang memilih pidato. Dan pasangan yang bermain puzzle masih terlihat kurang mendukung pasangannya.

Setelah enam bulan berlalu, para peneliti menganalisis perkembangan dari informan ini. Mereka yang berpidato memiliki peningkatan dalam hal kepribadian dan lebih bahagia daripada pasangan yang bermain puzzle. Dari mampu atau tidaknya melewati tantangan berat, Anda bisa mengetahui besar dan tidaknya dukungan pasangan.

Pasangan akan saling memengaruhi

Ketika seseorang memiliki pasangan yang tidak suportif dan negatif, ternyata juga berpengaruh terhadap kesuksesan pasangannya. Jika pasangan Anda sering mengkritik tanpa solusi atau melarang ini dan itu, tentu saja membuat kepercayaan diri pasangannya menurun. 

Fatalnya, Anda akan tumbuh menjadi sosok yang takut mengambil risiko dan kurang yakin terhadap kemampuan diri.

Sebaliknya, jika pasangan memiliki banyak kualitas baik dan mendorong pasangannya untuk terus maju, maka kesuksesan pun akan segera di depan mata. Selain faktor kesuksesan, dengan memiliki pasangan yang suportif juga akan membuat hubungan menjadi lebih harmonis. Ya, Anda dan pasangan akan menjalani proses kehidupan jauh lebih mudah. Nah, jika sudah menemukan pasangan dengan kriteria seperti ini, tandanya dia cocok menjadi pendamping hidup.

 

 

 

 


Sumber Liputan6.com





Berita Terkait

Tulis Komentar