Usai Tes Kesehatan, Jokowi Hadiri Rakor Sembilan Sekjen Parpol Koalisi

  • Ahad, 12 Agustus 2018 - 14:55:52 WIB | Di Baca : 1103 Kali

SeRiau - Sembilan sekretaris jenderal partai politik (parpol) pendukung bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan menggelar rapat koordinasi (rakor), Minggu (12/8) sore. Rakor direncanakan dilakukan di Posko Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat.

"Akan dilakukan rapat koordinasi para sekjen untuk melakukan finalisasi terhadap tahapan penting Pilpres," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/8).

Menurut Hasto, rakor tersebut akan dihadiri Jokowi. Mantan Wali Kota Solo itu direncakan memberikan arahan terkait finalisasi pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Nanti akan dilakukan finalisasi termasuk dengan bapak Jokowi," ujar dia.

Senada dengan Hasto, Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengatakan hal sama. Usai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jokowi akan hadir dalam rapat koordinasi sembilan sekjen parpol.

"Nanti sore kami lanjut lagi. Kalau tidak ada halangan kita akan rapat dengan Bapak Presiden (Jokowi)," tutur Karding.

Saat ini, Jokowi-Ma'ruf Amin tengah menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. Tim pemeriksa adalah dokter gabungan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan RSPAD Gatot.

Tes kesehatan dilakukan untuk memenuhi persyaratan sebagai kandidat dalam Pilpres 2019. Berdasarkan Peraturan KPU, capres dan cawapres harus sehat secara jasmani dan rohani dalam menjalankan tugas.

Hal ini merujuk pada Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Aturan terkait pemeriksaan dirinci dalam SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019. (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar