Ikuti Tes Kesehatan, Jokowi dan Ma'ruf Amin Didampingi Anak

  • Ahad, 12 Agustus 2018 - 10:03:21 WIB | Di Baca : 1462 Kali

 

SeRiau-  Bakal calon Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, akan melakukan tes pemeriksaan kesehatan hari ini, Minggu (12/8). 

Hal ini dilakukan sebagai salah satu syarat yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi calon presiden dan wakil presiden.

Pemeriksaan kesehatan ini sedianya dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gatot Soebroto. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Jokowi dan Ma'ruf Amin tiba sekitar pukul 07.58 WIB. 

 

Diketahui sebelumnya Ma'ruf berangkat dari rumahnya yang berada di daerah Koja, Jakarta Utara. Namun mobil yang ditumpangi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu tak langsung menuju ke daerah Senen tempat RSUD Gatot Soebroto berada, mobil itu justru berbelok ke arah Istana Negara. Ma'ruf pun disebut menuju ke kawasan itu untuk berangkat bersama dengan Joko Widodo.

Keduanya didampingi putra dan putri bungsu. Jokowi didampingi Kaesang Pangarep, sedangkan Ma'ruf Amin didampingi Siti Haniatunisa. 

Sebelum memasuki ruang pemeriksaan Jokowi yang mengenakan kemeja berwarna putih dengan corak tulisan 'bersih, merakyat, kerja nyata' bersama Ma'ruf menyempatkan diri menyapa media. Jokowi pun mengaku belum makan dan minum sejak tadi malam. 

"Belum (minum dan makan) ya puasa yah," kata Jokowi di kawasan Rumah Sakit sesaat setelah tiba di lokasi. 

Meski pemeriksaan kesehatan ini bukan pertama kali bagi Jokowi namun dia mengaku tidak tahu apa-apa dan akan mengikuti semua prosedur yang ada. 

"Ya gak tahu yah, ikuti saja prosedurnya," kata Jokowi. 

Jokowi dan Ma'ruf pun langsung disambut oleh tim dokter dan jajaran KPU yang telah menunggu di lokasi. Keduanya kemudian langsung memasuki ruang pemeriksaan untuk menjalani tes kesehatan kurang lebih selama hampir sembilan jam ke depan.

 

Perwakilan koalisi

Selain Jokowi dan Ma'ruf amin di lokasi hadir juga delapan Sekjen Partai Koalisi kecuali sekjen Golkar yang disebut sedang bertugas ke Sulawesi.

"Kami temani beliau, (Capres dan Cawapres) mengingatkan juga agar beliau berpuasa dari semalam," kata Hasto Kristiyanto, Sekjen PDIP di RSUD Gatot Subroto.

"Selain kami kan Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf juga ditemani keluarga untuk pemeriksaan ini," kata Hasto lagi.

Lebih lanjut, Hasto menyebut pemeriksaan kesehatan ini memang penting dilakukan sebagai salah satu syarat penetapan calon dan wakil calon presiden sesuai peraturan perundang-undangan. 

"Semuanya itu sudah disiapkan lahir dan batin. Ini kan (tes kesehatan) sesuai dengan aturan perundang-undangan," katanya.

Terkait hasil dan mekanisme pemeriksaan, dikatakan Hasto sedianya akan dijelaskan oleh tim dokter pemeriksa dari pihak rumah sakit.

 

"Mekanisme, hasil, nanti dijelaskan oleh dokter," katanya.

Adapun tim pemeriksa kesehatan bakal capres dan cawapres ini akan dipimpin oleh dr. Danardi Sosrosumihardjo Spkj. Tim pemeriksa berasal dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan tim dokter RSPAD. 

Sekitar 50 dokter beserta tim kesehatan akan terlibat dalam pemeriksaan kesehatan tersebut.

(Sumber : CNNindonesia.com)





Berita Terkait

Tulis Komentar