Hari Ini NASA Luncurkan Pesawat ke Matahari

  • Sabtu, 11 Agustus 2018 - 05:53:33 WIB | Di Baca : 1136 Kali

SeRiau - Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA bersiap meluncurkan Parker Solar Probe pada Sabtu, 11 Agustus 2018. Misi menuju Matahari ini akan lepas landas pada pukul 03.33 pagi waktu Florida, AS, atau sekitar pukul 15.30 WIB.

Dilansir dari laman Engadget, Jumat, 10 Agustus 2018, Parker Solar Probe akan berada di atas Roket United Launch Alliance Delta IV Heavy.

Pesawat ini diberangkat dari Cape Canveral, Florida. Parker Solar Probe akan berada di dekat Matahari dengan suhu mencapai 2.500 derajat Farenheit atau 1.371 derajat Celcius.

Cara pesawat luar angkasa nirawak ini bertahan dari suhu panas sangat tinggi karena menggunakan perisai yang terbuat dari busa dan juga pelat komposit karbon. Beberapa instrumen menggunakan suhu tinggi dan memiliki sistem pendinginan juga.

Parker Solar Probe akan mengumpulkan data serta gambar dari bintang tersebut. Data tersebut akan digunakan NASA dalam mempersiapkan peristiwa angin Matahari, yaitu aliran partikel yang dipancarkan oleh Korona atau inti Matahari.

Angin Matahari ini dikabarkan mampu mengganti orbit para satelit, mengganggu instrumen, hingga berefek pada jaringan listrik yang ada di Bumi.

Setelah lepas landas dari Bumi, Parker Solar Probe akan menempuh kecepatan 430 ribu mph. Itu menjadikan pesawat ruang angkasa tercepat yang pernah dibuat oleh manusia.

Dikabarkan Parker akan berproses dalam tiga orbit dan berjarak 6,1 juta kilometer dari permukaan Matahari, serta akan berada dalam atmosfernya.

Parker Solar Probe akan mengelilingi Matahari selama tujuh tahun sebelum mendekati permukaannya. Pesawat ini menggunakan gravitasi Planet Venus untuk mendekati orbit sambil mempercepat proses. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar