Peparpeda Riau 2018 Berakhir, Bengkalis Juara Umum

  • Kamis, 09 Agustus 2018 - 22:40:44 WIB | Di Baca : 1745 Kali
Pemberian hadiah oleh Kadispora Riau, Doni Aprialdi kepada sang juara, Kamis (9/8/2018) di Hotel Resty Menara, Pekanbaru.

SeRiau - Pekan Paralympic Pelajar Daerah (Peparpeda) IX Riau 2018, Kamis (9/8) resmi ditutup. Kontingen Kabupaten Bengkalis berhasil keluar sebagai juara umum.

Dengan mengumpulkan 8 emas, 3 perak dan 2 perunggu kontingen Kabupaten Bengkalis berhasil meraih juara umum. Sementara itu, tuan rumah Kota Pekanbaru hanya selisih medali perak dengan Bengkalis harus berpuas diri menduduki peringkat kedua dengan torehan medali 8 emas, 2 perak dan 2 perunggu.

"Kemudian Kabupaten Kampar di posisi ketiga dengan meraih 7 medali emas, 5 perak dan 1 perunggu, lalu Rokan Hulu dengan 5 emas, 4 perak dan 2 perunggu di posisi keempat," ujar Kadispora Riau Doni Aprial saat menutup Peparpeda.

Sedangkan peringkat lima besar ditempati Pelalawan dengan mengumpulkan 5 emas, 3 perak, 5 perunggu. Disusul Kepulauan Meranti dengan mengumpulkan 4 emas dan 2 perak.

"Oleh karena itu kita ucapkan taniah kepada Kontingen Bengkalis yang berhasil meraih juara umum," ucap Doni.

Peparpeda VIII Riau 2016 juara umum di raih oleh Kampar dengan perolehan medali 12 emas, 2 perak dan 2 perunggu. "Jadi tahun ini Bengkalis bisa melonjak juara umum dari peringkat tiga besar tahun lalu. Sedangkan Pekanbaru tetap bertahan di peringkat dua," kata Doni.

Dijelaskan Doni, Peparpeda ini adalah ajang seleksi atlet untuk dibawa mengikuti Peparpenas 2019 mendatang. "Dari selama 3 hari kejuaraan alhamdulillah kita dapat atlet-atlet yang akan kita bawa mengikuti Peparpenas 2019," ungkap Doni.

Jadi dari hasil Peparpeda ini tambah Doni, dirinya sangat yakin Riau bisa mempertahankan prestasi yang diraih pada Peparpenas 2017 lalu di Solo, Jawa Tengah. "Oleh karena itu saya minta kepada seluruh pihak mari kita bekerjasama agar atlet paralimpian Riau bisa meningkatkan prestasinya di Peparpenas mendatang," kata Doni.

Sementara itu Kabid Pembudayaan Prestasi dan Olahraga Dispora Riau Yusfar menyampaikan, para juara di Peparpeda itu akan mewakili Riau nantinya pada Peparpenas 2019 mendatang. "Karena kejuaraan ini kita jadikan ajang seleksi untuk Peparpenas," ujar Yusfar.

Pada Peparpeda IX 2018 ini jelas Yusfar, saru rekor Peparpeda berhasil dipecahkan di cabor renang atas nama Abel Pramudia di nomor 100 meter gaya dada tuna rungu. "Ini sebuah prestasi yang cukup membanggakan," ucap Yusfar. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar