Menang Pemilihan, Rashida Tlaib Jadi Wanita Muslim Pertama Kongres AS

  • Kamis, 09 Agustus 2018 - 15:45:01 WIB | Di Baca : 1152 Kali


SeRiau – Mantan perwakilan negara bagian Michigan, Rashida Tlaib, menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres di Amerika Serikat, setelah memenangi pemilihan utama Demokrat.

Dengan suara sebesar 33,6 persen, Tlaib diperkirakan menggantikan John Conyers Jr yang bertugas sejak 1965 hingga pensiun tahun lalu, menyusul tuduhan soal pelecehan seksual.

Tidak ada kandidat Partai Republik yang bertarung untuk kursi tersebut, sehingga Tlaib akan memasuki Kongres tanpa perlawanan, setelah pemilihan khusus pada 6 November mendatang.

Tlaib, anak dari dua imigran Palestina, lahir di Detroit pada 1976. Ayahnya bekerja di perusahaan motor Ford. Dia belajar politik di Wayne State University dan lulus pada 2004.

"Saya merasa sangat didukung, terutama ketika bertemu pemilih dan berbicara dengan mereka. Mereka sangat menginspirasi," ujar Thalib, seperti dilansir Independent.

Sebelumnya, ia menang pertama kali pada 2008 untuk duduk di kursi Dewan Perwakilan Michigan. Dia menjadi wanita Muslim kedua yang bekerja di badan legislatif negara bagian, setelah Jamilah Nasheed dari Missouri.

 

 


Sumber VIVA.CO





Berita Terkait

Tulis Komentar