Menlu Korea Utara Akan Kunjungi Iran

  • Sabtu, 04 Agustus 2018 - 22:38:21 WIB | Di Baca : 216 Kali

SeRiau - Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho dijadwalkan mengunjungi Iran pada Selasa (7/8), menurut laporan media di Iran.

Dikutip dari AFP, rencana kedatangan Ri terjadi di tengah ancaman Amerika Serikat menerapkan sanksi terhadap Iran menyusul keputusan Washington menarik diri dari kesepakatan penghentian program nuklir Iran.

Amerika Serikat juga telah mendorong Pyongyang mengurangi kemampuan nuklirnya setelah Presiden Donald Trump bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un pada Juni lalu.

Loading...

Dalam pertemuan itu kedua negara menyepakati upaya denuklirisasi Semenanjung Korea.

Menurut media Iran berhaluan konservatif, Fars, diplomat Korea Utara akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad.

Tak ada keterangan detail terkait materi yang akan dibicarakan utusan Korea Utara di Iran.

Kantor berita Korea Utara KCNA dalam laporannya menyebut bahwa sebelum rencana pertemuan dengan Iran, Ri telah lebih dulu bertemu dengan pejabat tinggi Iran saat pertemuan Negara-negara Non Blok di Baku, Azerbaijan, April lalu.

Delegasi Korea Utara juga menghadiri pelantikan Presiden Iran Hassan Rouhani pada Agustus 2017.

Kerja sama kedua negara di masa lalu mendapat sorotan dari Panel Ahli PBB.

Dalam laporan 2017, Panel Ahli PBB mencatat keberadaan pedagang senjata Korea Utara yang tinggal di Teheran serta menemukan kesamaan desain rudal kedua negara. (**H)


Sumber: CNN Indonesia




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar