JK Sebut Politik Tak Akan Buat Ekonomi Sulit, Justru Konsumsi Naik

  • Kamis, 02 Agustus 2018 - 21:02:31 WIB | Di Baca : 67 Kali

SeRiau - Wakil Presiden Jusuf Kalla tak menampik jika iklim politik akan sedikit banyak mempengaruhi perekonomian Indonesia. Selama ini muncul kekhawatiran suhu politik yang panas akan berpengaruh negatif, khususnya untuk investasi. Namun, menurut dia, tahun politik justru membawa angin segar bagi aktivitas ekonomi.

"Positifnya, konsumsi akan naik. Kenapa? Bukan lagi rahasia umum karena banyak calon partai-partai itu membelanjakan macam-macam," ujar Kalla di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Kalla mengatakan, umumnya di masa kampanye para calon kepala daerah, calon anggota legislatif, maupun calon presiden dan wakil presiden akan menggelar acara bersama simpatisan. Belum lagi jika ada calon yang diam-diam berpolitik uang.

Loading...

"Akibatnya tentu konsumsi di pedesaan bisa naik, akibat daripada momen tersebut," kata dia.

Namun, sejak penyelenggara Pemilu memperketat regulasi, dana kampanye diperketat. Dana kampanye beralih untuk publikasi lewat media sosial dan iklan di media mainstream. Termasuk membuat baliho dan spanduk yang dipasang di badan jalan.

Tak hanya kontestan Pemilu, penyelenggara Pemilu juga mengeluarkan dana ekstra untuk sosialisasi hingga persiapan hari pencoblosan.

"Termasuk iklan-iklan di koran, khususnya koran daerah. Jadi kalau kita lihat ekonomi secara keseluruhan konsumsi naik," kata Kalla. (**H)


Sumber: KOMPAS.com




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar