Waketum Gerindra: PKS dan PAN Sepakat Serahkan soal Cawapres ke Prabowo

  • Rabu, 01 Agustus 2018 - 17:22:34 WIB | Di Baca : 1458 Kali

SeRiau - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Rachmawati Soekarnoputri menuturkan bahwa PKS, PAN dan Demokrat telah sepakat untuk menyerahkan keputusan figur calon wakil presiden ke tangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kesepakatan tersebut dibuat pada pertemuan ketua umum dan sekjen Gerindra, PKS dan PAN di kediaman seorang pengusaha bernama Maher Algadri, di kawasan Prapanca, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018) malam.

Sementara pada pertemuan dengan Prabowo pada Senin (30/7/2018) lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyerahkan sepenuhnya keputusan soal cawapres kepada Prabowo.

"Demokrat sudah bilang kan di pertemuan terakhir di Kertanegara menyatakan gamblang bahwa capres itu Prabowo, diserahkan mengenai pemilihan cawapres. Boleh saja semua mengusulkan tapi terakhir ya capres terpilih yang menentukan," ujar Rachmawati saat ditemui kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Kendati demikian, lanjut Rachmawati, seluruh partai calon mitra koalisi berhak untuk mengajukan usulan nama-nama cawapres bagi Prabowo.

Nama-nama tersebut akan dibahas oleh sekjen dari keempat partai. Setelah mengerucut, kandidat cawapres akan diserahkan ke ketua umum partai masing-masing.

Namun, keputusan kandidat cawapres diserahkan kepada Prabowo.

Seperti diketahui, PAN telah mengusulkan nama ketua umumnya Zulkifli Hasan.

Sementara PKS mengusulkan nama Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, sesuai dengan rekomendasi pertemuan ulama Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF).

Kedua partai itu juga mengusulkan sejumlah nama di luar partai, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ustaz Abdul Somad dan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Menurut Rachmawati, penyerahan keputusan ke tangan Prabowo juga menjadi jalan tengah jika partai koalisi tak bersepakat dengan kandidat cawapres.

"Oh iya (jadi jalan tengah). Pada akhirnya harus, sudah sepakat dikembalikan ke calon presiden (Prabowo)," kata Rachmawati.

Secara terpisah, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono mengatakan, partai calon mitra koalisi telah sepakat untuk menyerahkan penentuan kandidat cawapres kepada Prabowo.

Namun, tak menutup kemungkinan Prabowo akan mempertimbangkan masukan, rekomendasi dan usulan dari seluruh mitra koalisi.

"Tentu dalam hal ini Pak Prabowo juga tetap akan mempertimbangkan masukan-masukan, rekomendasi-rekomendasi dan usulan dari parpol. Nanti akan dimatangkan bersama beberapa hari ke depan," kata Ferry. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar